DPKA Buka Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan

Editor: Syarkawi author photo

DPKA Buka Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan

Banda AcehDinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) mengelar kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Penobatan Duta Arsip tahun 2023 di Gedung Perpustakaan Wilayah Aceh.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang mengajak warga Aceh untuk gemar membaca, karena masih minimnya minat baca di kalangan masyarakat di Aceh.

“Saat ini akses baca sangat mudah dijangkau, baik melalui teknologi digital hingga keberadaan gedung perpustakaan dengan berbagai fasilitasnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra mengatakan, guna merangsang minat baca warga, Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai upaya, mulai dari memfasilitasi pembangunan perpustakaan, kampanye membaca, kerjasama dengan para pegiat literasi, hingga menghadirkan pojok-pojok baca.

Penetapan Hari Kunjung Perpustakaan menjadi salah satu langkah nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca.

Sementara untuk pemerataan akses layanan perpustakaan bagi masyarakat, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh juga telah menyediakan koleksi perpustakaan dalam bentuk digital yaitu iPustaka Aceh. Aksesnya disebut sangat gampang, hanya dengan satu klik lewat smartphone atau komputer.

Lebih lanjut, Dr Edi Yandra mengatakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh terus berupaya memunculkan berbagai program dan kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan angka literasi masyarakat.

Dinataranya melalui penambahan referensi buku baik buku umum maupun buku bernuansa lokal yang dilakukan secara rutin setiap tahun. Selain itu juga penambahan buku elektronik/ ebook sebagai isi dari program IpustakaAceh yang diperuntukkan kepada masyarakat.

“Hingga saat ini jumlah pengujung rata-rata perhari mencapai 1.000-1.500 pemustaka. Namun saat ini, kondisi buku bernuansa lokal yang masih kurang disebabkan oleh kurangnya publisitas dari penulis/penerbit lokal tentang terbitannya juga kurang perhatian pemerintah terhadap penulis/penerbit lokal. Hal ini perlu perhatian khusus dari kita semua,” ujarnya.

Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan merupakan upaya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan semaksimal mungkin peran perpustakaan sebagai media pembelajaran dan kreativitas.

Kegiatan ini juga merupakan upaya memotivasi masyarakat berkunjung ke perpustakaan sehingga menumbuhkan minat dan budaya baca.

Dalam rangka hari kunjung perpustakaan juga diadakan beberapa kegiatan dinataranya, Penganugerahan Insan Perpustakaan, Penobatan Duta Arsip, Pameran Inklusi Sosial dan UMKM, Pentas Seni dan Bazar Buku.

Turut hadir pada acara tersebut pejabat Perpustakaan Nasional RI, Arsip Nasional RI, Balai Arsip Statis ANR, para unsur forkopimda Aceh, Bupati/Walikota se Aceh, para Kepala SKPA hingga Kepala Perpustakaan dan Kearsipan kab/kota se-Aceh serta Bunda Literasi Aceh dan kab/kota. (red/InfoPublik)

Share:
Komentar

Berita Terkini