Monitoring Banjir, Kapolres Aceh Selatan berikan bantuan tanggap darurat

Editor: Syarkawi author photo

 

Aceh Selatan – Menindaklanjuti bencana banjir yang melanda wilayah Aceh Selatan, Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Nova Suryandaru, S.I.K., turun langsung memonitor sejumlah wilayah yang terkena dampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur Aceh Selatan mulai kemaren. Selasa (21 November 2023).

Banjir bandang yang melanda sejumlah desa Yakni Desa Gelumbuk dan Desa Kedai Rundeng Kecamatan Kluet Selatan dimana Jalan Nasional Tapaktuan Subulussalam sepanjanjang kurang lebih 300 meter tergenang air, sedangkan di Desa Ladang rimba Kecamatan Trumon Tengah, air bercampur lumpur dan sampah batang pohon menimbun badan jalan Nasional Tapaktuan Subulussalam sepanjang kurang lebih 2 Kilometer dan perumahan penduduk Yang mengakibatkan kerugian bagi warga setempat. Kapolres Aceh Selatan, dengan situasi darurat tersebut, langsung bergerak ke desa yang terkena dampak untuk memberikan dukungan moril kepada warga yang membutuhkan.

Kapolres Aceh Selatan Mengatakan “Kami sangat prihatin dengan dampak yang ditimbulkan oleh banjir bandang ini terhadap masyarakat. Kehadiran kami di lapangan adalah sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap mereka yang membutuhkan. Kami berupaya memberikan bantuan secepatnya serta memastikan ketersediaan alat-alat penting untuk membantu dalam situasi darurat.”, langkah ini bertujuan untuk mengetahui langsung situasi dan kondisi terkini akibat dampak banjir. Hasil monitoring tersebut berguna dalam menentukan langkah Kepolisian selanjutnya.

“Kami menginstruksikan personel dari Polsek dan Polres untuk segera turun ke lokasi yang terdampak banjir bandang guna memberikan bantuan langsung dan siap membantu proses evakuasi serta pemulihan pasca-banjir,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan ini Kapolres memberikan bantuan sementara masa panik berupa makanan ringan dan air mineral. Untuk rencana kedepan, ungkap Kapolres pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan ke beberapa wilayah yang terdampak banjir guna meringankan beban masyarakat akibat bencana alam tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa orang warga telah mengungsi ke tempat aman, sebagian besar lainnya masih bertahan di kediaman masing-masing sembari menunggu perkembangan kondisi banjir.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kapolres Aceh Selatan mewanti-wanti masyarakat untuk lebih berhati-hati, waspada dengan kondisi sekitar dan mengutamakan keselamatan pribadi maupun keluarga.

“Menimbang kondisi saat ini, kami ingatkan pula agar masyarakat waspada terhadap wabah penyakit yang muncul bersamaan dengan banjir, jangan sampai lengah dengan kondisi kesehatan masing-masing,” pungkasnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini