Kepulangan agam Vima dan inong Raisya dari ajang pemilihan Duwis Indonesia (PDWI) 2023 dari Kota Kendari disambut Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, T Hendra Faisal mewakili kepala dinas dan Plh. Manager of Airport Operation & Service KC. Bandara SIM, Surya Bunayya.

“Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh merasa bangga atas prestasi sebagai juara 2 pada ajang PDWI 2023 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Semoga penghargaan yang diraih menjadi motivasi lebih mereka untuk terus mempromosikan pariwisata Aceh ke kancah nasional maupun mancanegara,” ujar Hendra.

Ajang PDWI ke-17 tahun ini diikuti 10 provinsi di antaranya Aceh, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Bali, Papua Selatan, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Barat.

Agam Vima dan Inong Raisya dinobatkan sebagai Wakil I Duwis Indonesia 2023 pada grand final PDWI 2023 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin malam, 27 November 2023. Pemenang utama diraih oleh Duwis dari Provinsi Kalimantan Tengah.

PDWI 2023 digelar sejak 23-27 November 2023. Saat menjalani karantina di Hotel Sahid Azizah Syari’ah Kota Kendari, Vima dan Raisya turut mendapat penghargaan sebagai The Most Popular Duwis Talk 2023.

Tak hanya itu, komunitas Agam Inong Aceh juga menerima penghargaaan spesial sebagai Duwis Best Team 2023. Perkumpulan Agam Inong Aceh dinilai sangat siap mempersiapkan dan mendukung perwakilan duta wisata.

“Selamat kepada Duta Wisata Aceh 2023 yang telah berhasil meraih prestasi runner up di tingkat nasional. Semua ini adalah hasil dari kerja sama yang solid dan komitmen dari seluruh anggota tim,” ujar Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal usai mendapat kabar Vima dan Raisya sukses di PDWI 2023.

Ia berharap, keberhasilan itu bisa memperkuat citra positif kepariwisataan Aceh sebagai destinasi wisata yang unggul dan menarik perhatian bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara

“Mari kita jaga momentum ini dan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk memajukan sektor pariwisata Aceh. Saya harap penghargaan ini merupakan awal dari perjalanan panjang menuju prestasi yang lebih tinggi, serta menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan mengangkat derajat pariwisata Aceh,” pungkasnya.[]