Pemkab Gelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website Kampung Se-Kabupaten Aceh Tengah

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website Kampung di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah untuk tahun 2023. Acara ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, MT, di Grand Hotel Penemas Takengon pada Senin (27/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, menekankan pentingnya memaksimalkan fasilitas sistem informasi pelayanan Desa. "Melalui sistem pelayanan Desa ini, diharapkan Pemerintahan Desa dapat memaksimalkan proses pelayanan terhadap masyarakat," ujar Mirzuan.

Layanan ini diarahkan untuk Pemerintah Desa/Kelurahan di seluruh Indonesia, menawarkan 22 jenis permohonan dan 29 jenis berkas. Sistem layanan Desa juga dilengkapi dengan template editor permohonan dan berkas untuk penambahan dan modifikasi jenis permohonan dan berkas surat layanan baru oleh admin daerah di Tingkat Desa.

Pemerintahan Kampung memiliki beberapa sistem informasi dengan fungsi berbeda, seperti Sistem Informasi Desa Dan Kawasan (SIDEKA) dan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). "Kami berharap korelasi dari kedua sistem informasi ini akan kita gunakan secara optimal," ungkap Mirzuan.

Dengan kehadiran website Pemerintahan Kampung, diharapkan dapat lebih optimal digunakan sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat luas. "Adanya wadah website Pemerintah Kampung yang kami sediakan, diharapkan dapat menjadi media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas mengenai perhiasan yang kita miliki," harap Mirzuan.

Bimbingan teknis ini diikuti oleh 50 Kampung, dengan upaya agar seluruh Kampung di Aceh Tengah dapat memiliki dan mengakses website sendiri, serta mampu memproduksi informasi yang baik dan benar. Mirzuan menekankan, "Hal ini tentunya dapat meningkatkan ekonomi dan perkembangan yang pesat bagi Pemerintahan Kampung."

Dalam sambutan sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, ST, MM, menjelaskan bahwa website Pemerintahan Kampung sudah diterapkan sejak tahun 2017. "Sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 67 website Pemerintahan Kampung yang terdapat di 14 Kecamatan dan 295 Kampung/Desa se-Kabupaten Aceh Tengah yang menggunakan SIDEKA," ujarnya.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Website Kampung akan berlangsung selama 4 hari, mulai 27 hingga 30 November 2023, bertempat di Hotel Penemas Takengon. Acara ini diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari Pemerintahan Kampung, dibagi menjadi 2 gelombang masing-masing 25 orang peserta dalam waktu 2 hari.()

Share:
Komentar

Berita Terkini