589 Unit Rumah Fakir Miskin Dibangun Baitul Mal Aceh Dari Hasil Zakat

Editor: Syarkawi author photo

 589 Unit Rumah Fakir Miskin Dibangun Baitul Mal Aceh Dari Hasil Zakat

Banda Aceh  – Lembaga Baitul Mal Aceh (BMA) telah berhasil membangun 589 unit rumah dari 23 kabupaten/kota pada tahun 2023, dengan rincian 178 unit melalui swakelola dan 411 unit E-katalog.

Kepala Sekretariat BMA, Amirullah, meyebutkan rumah bantuan tersebut berasal kumpulan zakat baik ASN di Pemerintah Aceh maupun badan atau lembaga swasta dan masyarakat umumnya.

“Alhamdulillah akhir tahun selesai terbangun seluruhnya,” ujar Amir

Diketahui sebelumnya pada tahun 2022 ada 164 unit rumah yang dibangun dan itu tersebar di enam kabupaten/kota. Bahkan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki sudah menyerahkan secara simbolis Rumah Baitul Mal Aceh kepada tiga mustahik di Aceh Jaya, pada Mei 2023 lalu.

Ketua Badan BMA, Mohammad Haikal mengatakan, penantian panjang masyarakat Aceh terhadap implementasi pasal 192 Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) menemukan titik terang, setelah Kementerian Keuangan menyepakati menjadi inisiator RPP Zakat Pengurang Pajak.

Dimana sebelumnya, pemerintah pusat telah memberikan kejelasan terkait RPP Zakat sebagai pengurang pajak, setelah penantian 17 tahun untuk aturan teknis mekanisme zakat sebagai faktor pengurang pajak akan segera terwujud.

“Semoga harapan semua elemen masyarakat Aceh baik dari elemen Ulama (MPU dan HUDA), elemen pengusaha, elemen pemuda terkait aturan turunan terkait ini akan segera terwujud,” ujar Ketua Baitul Mal Aceh (BMA), Mohammad Haikal, ST, MIFP. (red/InfoPubklik)

Share:
Komentar

Berita Terkini