Kesehatan Jiwa Anak Faktor Penentu Keberhasilan di Masa Depan

Editor: Syarkawi author photo

 Kesehatan Jiwa Anak Faktor Penentu Keberhasilan di Masa Depan

Aceh Besar Kesehatan jiwa anak dan remaja merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan mereka di masa mendatang, karena itu harus lebih jeli untuk dapat memantau perkembangan emosional dilingkunan yang dibina.

“Oleh karena itu pentingnya pembinaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi anak dan remaja tak lepas dari UKS. Upaya kesehatan jiwa sebagai salah satu program yang terintegrasi dalam UKS dapat melakukan deteksi sedini mungkin terkait perkembangan anak di sekolah,” ujar Sekdakab Aceh Besar Drs. Sulaimi MSi saat membuka rapat koordinasi lintas program sektor upaya jiwa kesehatan sekolah terintegrasi dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Hotel Madinatul Zahra, Gampong Lampeuneurut Gampong, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Sulaimi mengatakan, anak adalah aset bangsa dan merupakan modal utama sumber daya manusia yang memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembangunan nasional. Anak dan remaja dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai situasi yang dihadapinya.

Sekolah menjadi sarana pendidikan kedua dalam membantu perkembangan kepribadian serta menentukan mutu dan kualitas anak dan remaja dikemudian hari. Maka itu, pentingnya pembinaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi anak dan remaja yang tak lepas dari upaya kesehatan sekolah.

Upaya kesehatan jiwa sebagai salah satu program yang terintegrasi dalam UKS, dapat melakukan deteksi sedini mungkin terkait perkembangan anak di sekolah sehingga permasalahan yang dialami anak dan remaja dapat ditangani sesegera mungkin.

“Sehingga permasalahan yang dialami anak dan remaja dapat ditangani segera mungkin, dengan menitik beratkan upaya preventif dan promotive perilaku beresiko anak dan remaja,” tambahnya.

Sulaimi juga mengajak untuk semua agar bersinergi bersama, saling menguatkan dan saling melengkapi melalui program-program kerja kita, baik dari lintas program maupun lintas sektor, agar tujuannya dapat tercapai.

“Biasa kalau rapat koordinasi ini melibatkan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jadi siapun yang terlibat pada rakor hari ini agar mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan mampu menjelaskannya kepada setiap sekolah dan masyarakat Aceh Besar dan semoga dengan anggaran seadanya Dinkes Aceh Besar bisa menggelar rakor lanjutan dengan semua pihak,” terangnya.

Menurutnya, upaya-upaya ini perlu di implementasikan secara berkelanjutan, sehingga anak dan remaja dalam lingkungan sekolah memiliki jaminan kesehatan secara holistik dan iklim yang mendukung dalam menciptakan generasi yang berkarakter dan berkualitas.

“Oleh karenanya mari bersinergi bersama, saling menguatkan dan melengkapi melalui program-program kita, baik dari lintas program maupun lintas sektor,” demikian ujarnya. (red/InfoPublik)

Share:
Komentar

Berita Terkini