Lewat Piasan Aceh Rayeuk, Pemkab Aceh Besar Lestarikan Seni Tradisional dan Tingkatkan Peran UMKM

Editor: Syarkawi author photo

 

Jantho Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar Piasan Aceh Rayeuk 2023 di pelataran Gedung Jantho Sport City (JSC) pada Jumat (22/12/2023) hingga Minggu (24/12/2023).

Piasan ini berhasil menjadi daya tarik dan membangkitkan roda perekonomian di kota Jantho.

Dalam  Piasan ini, Pemkab Aceh Besar menggandeng para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari binaan Dekranasda Kabupaten Aceh Besar. Bahkan puluhan lapak pedagang angkringan juga ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event tersebut.

Event Piasan Aceh Rayeuk dan Kemah Seniman ke-4 tahun 2023 yang mengusung tajuk “Festival Seni Tradisi dan Alam Aceh Besar” ini juga dimeriahkan oleh penyanyi ternama di Aceh, diantaranya Lea Amalia, Mohderzan dan Bergek.

Ada sejumlah kegiatan yang diselenggarakan dalam event tersebut, yaitu perlombaan seni tradisi, kemah seniman, diskusi edukasi dan wawasan tentang seni di Aceh Besar.

Tidak hanya di panggung utama, di panggung kemah seniman juga menampilkan berbagai sanggar seni dari DKA dan para seniman yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat Aceh, khususnya Aceh Besar untuk mengenal lebih dekat seni dan Budaya  Tradisional Aceh Besar, sehingga seni daerah itu akan terus lestari.

Dalam sambutannya  Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, mengapresiasi even seni dan budaya ini, sebagai wujud dari komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya leluhur, terutama untuk kalangan generasi muda yang kini diserbu oleh budaya global.

secara resmi pelaksanaan event seni budaya Piasan Aceh Rayeuk 2023 itu.

Menurut Iswanto, event tersebut layak untuk dilaksanakan secara berkelanjutan, bukan hanya untuk sekedar pelestarian budaya, namun juga untuk ajang silaturahmi para pelaku seni di Aceh Besar. “Pemkab Aceh Besar consent untuk mendukung pelestarian budaya indatu di Aceh Besar, sebagai produk dari keluhuran dan kesantunan generasi pendahulu, yang juga dalam bingkai syariat Islam. Teruslah berkreasi untuk terwujudnya generasi muda Aceh Besar yang tetap mencintai budaya leluhur kita. Dengan mengucapkan alhamdulillah, Saya tutup secara resmi Piasan Aceh Rayeuk 2023,” tutur Iswanto, dalam upacara penutupan yang juga dihadiri oleh Danlanud SIM Kol (pnb) Yoyon Kuscahyono SSos beserta istri, jajaran Forkopimda Aceh Besar dan para undangan lainnya.

Sementara Ketua Panitia Piasan Aceh Rayeuk 2023, Bahrul Jamil SSos MSi yang juga Kadisdik Aceh Besar melaporkan, Piasan Aceh Rayeuk itu memiliki agenda beragam, yaitu Kemah Seniman, Lomba LIkok Pulo antar SMP se Aceh Besar, kejuaraan sepak bola Gala Siswa SMP sederajat se-Aceh Besar, ekspo UMKM hingga  khanduri kuah beulangong khas Aceh Besar.

Pria yang akrab disapa BJ itu juga melaporkan, khusus Gala Siswa, telah dituntaskan Sabtu (23/12/2023) petang, dengan partai final yang sangat enak ditonton yang melibatkan, SMP Kota Jantho dan SMP Pulo Aceh. Duel pamungkas itu dimenangkan oleh anak anak SMP Kota Jantho 2-0, sekaligus mengunci posisi juara.

dengan lagu hitsnya ‘Boh Hate’. Bergek yang bernama asli Zuhdi kelahiran Alue Dua Langkahan, Aceh Utara 4 Juli 1991 itu benar benar tampil prima secara solo menyanyikan hingga enam buah lagu tanpa jeda.(serambinews)

Share:
Komentar

Berita Terkini