Peringatan Hari Ibu ke 95 di Kanwil Kemenkumham Aceh, Pegawai Perempuan Menjadi Petugas Upacara

Editor: Syarkawi author photo

 

BANDA ACEH – Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh menggelar upacara peringatan yang berlangsung pada hari Jumat (22/12/2023) pagi.

Tak seperti biasa, upacara kali ini dihadirkan dengan nuansa yang lebih berkesan, dimana sejumlah pegawai perempuan menjadi petugas upacara. Sementara itu, Kadiv Administrasi Sri Yusfini Yusuf bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Saat membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Sri Yusfini Yusuf mengatakan PHI bagi bangsa Indonesia bukanlah “mother’s day”. Sebab, PHI didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta,

“Yang merupakan sebuah titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial,” ucap Yusfini.

Ia melanjutkan, diperingatinya Hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“PHI mengingatkan bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian didambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan,” sambungnya.

Sebelum menutup sambutan ini, Ia mengajak semua masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjaga sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya.

Sebagai sesama perempuan harus saling mendorong, saling menginspirasi dan saling membantu. Janganlah sesama perempuan saling menjatuhkan. Karena, perempuan akan semakin kuat jika bersatu untuk mendobrak stigma yang masih melekat.

“Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata,” baca Yusfini.

Upacara ini diikuti oleh para pimpinan tinggi pratama, pejabat struktural, pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, dan sejumlah perwakilan UPT sekitar. Selain itu, seluruh UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Aceh juga menggelar secara serentak upacara PHI Tahun 2023.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini