PJ. Bupati Mirzuan Peringati Hari Disabilitas Se-Dunia Dan Hari Anak Se-Kabupaten Aceh Tengah

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, MT, memberikan dukungan penuh pada peringatan Hari Disabilitas Sedunia dan Hari Anak Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023. Acara yang berlangsung di Tugu Aman Dimot pada Minggu, 10 Desember 2023, dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Psikologi Klinis Aceh Tengah Harmala, S. Psi, penyandang disabilitas berprestasi Ahmad Sobirin, dan puluhan anak-anak penyandang disabilitas di Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam acara yang diisi dengan beragam penampilan, seperti Tari Guel Sanggar Cacake dan Sanggar MAN 1 Takengon, penampilan didong dan anak disabilitas, serta stan anak disabilitas dan anak Aceh Tengah, juga diselenggarakan games dan outbound oleh PT. Anak Mas Group.

Dalam sambutannya, Mirzuan menekankan bahwa peringatan ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak-hak penyandang disabilitas, tetapi juga sebagai panggilan untuk memastikan bahwa hak setiap individu, tanpa memandang latar belakang atau kondisi fisik, dapat terjamin dalam segala aspek kehidupan.

"Hari Disabilitas Sedunia ini bertujuan untuk memastikan hak setiap individu terjamin, tanpa memandang latar belakang dan kondisi fisik," ucap Mirzuan.

Lebih lanjut, Mirzuan menyampaikan harapannya pada generasi masa depan, yaitu anak-anak, yang dianggapnya sebagai harapan. Ia mengajak mereka untuk ikut serta merayakan keberagaman dan membangun lingkungan yang inklusif dan ramah terhadap semua individu.

"Anak-anak adalah generasi yang akan membentuk peradaban berikutnya. Melibatkan mereka dalam kegiatan seperti ini adalah langkah awal untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah terhadap semua individu," tegas Mirzuan.

Mirzuan juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk terus memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas dalam pendidikan, pekerjaan, dan aksesibilitas umum melalui berbagai upaya dan kebijakan.

"Kami akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan kebijakan yang mendukung dan mendorong keterlibatan aktif setiap warga, tanpa terkecuali, terutama hak-hak penyandang disabilitas dapat terjamin baik itu dari segi pendidikan, pekerjaan, dan aksesibilitas umum," jelasnya.

Sebagai penutup, Mirzuan berpesan agar peringatan Hari Disabilitas Sedunia ini dapat menciptakan perubahan positif dalam hidup rukun dengan budaya saling menghormati, memahami, bekerja sama, serta tanpa merendahkan dan memandang remeh penyandang disabilitas.

"Mari kita jadikan peringatan Hari Disabilitas Sedunia ini sebagai tonggak awal untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat kita, dengan saling menghormati, memahami, dan bekerja sama, dan dapat saling merangkul penyandang disabilitas, tanpa pernah memandang remeh mereka," tutup Mirzuan pada kesempatan tersebut[]

Share:
Komentar

Berita Terkini