SMK SMTI Banda Aceh Gelar Kesiapsiagaan Warga Sekokah Terhadap Rosiko Bencana

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Dalam Rangka Peringati 19 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 yang melanda kota Banda Aceh, setingkat SMK SMTI Banda Aceh bersama mitra kerja nya Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh. Bahwa melaksanakan kegiatan selama dua hari, mulai tanggal 19-20 Desember 2023 dengan tema "pelatihan Peningkatan, Kesiapsiagaan warga sekokah terhadap risiko bencana, dan gempa bumi atau kegiatan pengawasan K3 dan Pengunaan APAR."

Pernyataan Kepala Sekolah SMK, SMTI Banda Aceh Junaidi, S.Kom., M.Si menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanaka setiap tahun dan kami libatkan semua para guru dan siswa khususnya  siswa kelas X sedangkan untuk kelas XI dan XII itu sudah pernah kita libatkan.  Katanya.

Namun Kegiatan ini Dibuka oleh kepala Sekolah Junaidi, S.Kom., M.Si yang difasilitasi oleh narasumber dari beberapa stakholder yang berkompeten yaitu dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Aceh, dari Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). Selasa tanggal 19 Desember 2023.

Kemudian Junaidi, S.Kom., M.Si, Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sosialisasi terhadap risiko bencana, sebagai bentuk membangun kapasitas warga sekolah agar  pengetahuan pendidikan guna melawan Lupa. Sehingga siswa memiliki Kesiapsiagaan terhadap tanggap darurat seperti kebakaran, sesuai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) termasuk K3 Kimia. Terangnya .

"Berikut Junaidi, S.Kom., M.Si, berharap kegiatan tersebut dapat diimplimentasi, selama melaksanakan pembelajaran di sekolah tercapainya kemampuan murid saat masuk di dunia industri. Kemudian melalui Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) maupun saat bekerja, hingga setelah lulus sekolah nantinya." Tegasnya kepala sekolah.

"Lebih lanjut Ketua Forum PRB Aceh Hasan Bangka, mengatakan dirinya sangat senang bisa mendampingi sekolah,  kepercayaan ini atas komitmen sekolah melaksanakan program  SPAB  untuk itu menyiapkan warga sekolah sesuai dengan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), kegiatan tersebut menjadi program bagi sekolah lainnya  Ucapnya.

"Menurut Hasan, ini telah lama dicanangkan oleh Pemerintah Aceh  Sesuai amanat Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 Tentang tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana." Pungkasnya [•]

Share:
Komentar

Berita Terkini