Terminal Type A Paya Ilang Takengon Aceh Tengah Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Editor: Syarkawi author photo

 


Salatiga  - Terminal Paya Ilang, sebuah prestasi dan kebanggaan bagi masyarakat Aceh Tengah, secara resmi diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dalam sebuah acara yang digelar di Terminal Tingkir Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu Sore (13/12/2023).

Presiden Jokowi menandai peresmian Terminal Paya Ilang dengan menekan tombol klakson sirine dan penandatanganan prasasti. Peresmian ini juga melibatkan Presiden dalam meresmikan dua terminal lainnya, yaitu Terminal Tipe A Tingkir Kota Salatiga dan Terminal Anak Air Kota Padang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya bahwa ketiga terminal yang diresmikan, termasuk Terminal Paya Ilang Takengon, akan menjadi penghubung transportasi umum antar daerah dan mendukung mobilitas masyarakat.

"Harapan kami, pembangunan sarana dan prasarana transportasi menjadi penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan daerah, serta mendukung mobilitas masyarakat," kata Presiden Jokowi.

Beliau menekankan bahwa sarana dan prasarana yang baik sangat diperlukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, terutama saat arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya. Terminal yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna transportasi darat.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pembangunan Terminal Paya Ilang Takengon menghabiskan anggaran revitalisasi sebesar Rp. 22 Miliar dan mampu melayani Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan jumlah 91 bis per hari.

Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, dalam kesempatan terpisah, menyampaikan harapannya bahwa Terminal Paya Ilang akan menjadi penggerak ekonomi masyarakat Aceh Tengah. "Alhamdulillah, suatu kebanggaan bagi kita bahwa Terminal Paya Ilang telah diresmikan langsung oleh Bapak Presiden. Mudah-mudahan terminal ini dapat memudahkan mobilisasi antar daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Tengah," ucapnya.

Terminal Paya Ilang, yang berlokasi di Kampung Lemah Burbana, Bebesan, Aceh Tengah, telah beroperasi sejak 7 Januari 2022, dan kini menjadi salah satu ikon baru Kota Takengon. Usai revitalisasi, terminal ini memiliki fasilitas yang memadai dan memenuhi standar pelayanan publik, termasuk loket terpadu, ruang ibadah, fasilitas parkir, ruang menyusui, serta berbagai layanan lainnya. Setelah dialihkan pengelolaannya ke Kementerian Perhubungan pada 11 Februari 2022, Terminal Paya Ilang terus menjadi sarana yang aman dan nyaman bagi masyarakat Aceh Tengah.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini