Dua Srikandi Aceh Bakal Duduki Senayan

Editor: Syarkawi author photo


BANDA ACEH - Meski KPU masih melakukan penghitungan suara, namun diprediksi untuk Aceh akan ada dua perempuan melaju ke Senayan, yaitu Darwati A Gani dan Illiza Sa’aduddin Djamal, sabtu (17/02/2024).

Berdasarkan data sementara melalui website pemilu2024.kpu.go.id pukul 13.38, sabtu (17/02/2024). Darwati unggul memperoleh peringkat ke 3 dari total suara sebagai calon DPD RI. Meski hasil penghitungan masih fluktuatif namun nama Darwati terlihat tetap bertahan di peringkat 4 besar.

Sementara itu untuk DPR RI dapil I Aceh Partai Persatuan Pembangunan masih mengunggulkan Illiza Sa’aduddin Djamal. Walaupun suara Illiza terlihat dalam website KPU yang masih fluktuatif terkadang menggeser posisi Illiza di 7 teratas, namun dapat di prediksi Illiza bakal mampu bertahan sebagai perwakilan Srikandi Aceh di Senayan.

Untuk Aceh ada total 13 kursi DPR RI ditambah 4 kursi DPD RI, memang sungguh disayangkan ketika perempuan tidak mampu memenuhi kuota 30 % sehingga aspirasi kaum hawa menjadi sulit untuk diperjuangkan dipusat. Namun demikian andai dua perempuan tersebut mampu terpilih, maka artinya adanya peningkatan dari periode sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa data dari website KPU memang masih menjadi perdebatan perihal keabsahannya. Jeumpa.com saat melihat perbandingan jumlah suara perorang dari satu partai dan jumlah total suara partai ternyata tidak sama.[Jeumpa]

Share:
Komentar

Berita Terkini