Diskominsa Aceh Gelar Pelatihan Penguatan Wawasan Satu Data dan Data Cleaning

Editor: Syarkawi author photo

 Diskominsa Aceh Gelar Pelatihan Penguatan Wawasan Satu Data dan Data Cleaning

Banda Aceh – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh mengadakan kegiatan Penguatan Wawasan Satu Data dan Data Cleaning pada Portal Data Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 21- 22 Mei 2024 di UPTD Statistik, Diskominsa Aceh, Banda Aceh.

Kepala Diskominsa Aceh, Marwan Nusuf, dalam sambutannya melalui kepala UPTD Statistik, Sayid Azhari mengatakan Pemerintah Aceh sendiri telah menerbitkan Pergub Aceh Nomor 24 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data untuk mendukung kebijakan tata Kelola data yang berkualitas.

“Data terpadu tersebut akhirnya bermanfaat bagi pemerintah dalam melakukan pembangunan Aceh yang efisien,” ujar Sayid.

Sayid Azhari menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada operator di perangkat daerah dalam mendukung penguatan kapasitas implementasi konsep Satu Data Indonesia. Ia juga mengapresiasi kehadiran para operator daerah yang berpartisipasi dalam pelatihan ini.

“Pentingnya pembinaan literasi kali ini untuk penguatan data cleaning pada Pemerintah Kabupaten/Kota sehingga meningkatkan wawasan dalam pengelolaan data, untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambahnya.

Sayid berharap semua peserta dapat memahami dan berperan aktif dalam proses pembangunan data, karena statistik juga menjadi domain tugas pemerintah daerah yang dibutuhkan oleh semua pihak.

Kegiatan Penguatan Wawasan Satu Data dan Data Cleaning pada Portal Data Pemerintah Kabupaten/Kota dilaksanakan serentak dan diikuti oleh perwakilan dari setiap perangkat daerah di tujuh kabupaten/kota, yaitu Bireuen, Aceh Utara, Pidie, Lhokseumawe, dan Sabang.

Sebanyak 90 peserta yang hadir mewakili 11 Satuan Kerja Perangkat Kabupaten/Kota (SKPK) masing-masing. Untuk Aceh Besar, kegiatan ini diikuti oleh tujuh SKPK dengan 12 peserta, sementara Pidie Jaya diikuti oleh 23 SKPK dengan 30 peserta, dilaksanakan di tempat masing-masing.

Pelatihan ini didukung oleh Sinergi dan Kolaborasi Akselerasi Layanan Dasar (SKALA), sebuah kemitraan antara Australia dan Indonesia, dan juga dihadiri oleh perwakilan Diskominfo dari setiap kabupaten/kota yang bertindak sebagai wali data untuk membina perangkat di daerahnya.(InfoPublik/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini