DPKA Gelar Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis dan Arsip Vital

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh - Dinas perpustakaan dan Kearsiapan Aceh (DPKA) menggelar sosialisasi pengelolaan arsip dinamis dan arsip vital pada satuan kerja perangkat Aceh (SKPA) 2024.

Kegiatan sebagai upaya menjamin ketersediaan arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan sebagai alat bukti yang sah dalam pelaksanaan fungsi dan tugas satuan kerja perangkat Aceh itu berlangsung di hotel The Pade, Aceh Besar, Kamis (23/5/2024)  dan diikuti 49 orang pengelola arsip pada satuan kerja perangkat Aceh.

Kepala DPKA, Edi Yandra mengatakan, instansi pemerintahan sebagai salah satu organisasi pemerintah yang pada umumnya berfungsi untuk melayani kepentingan publik, di mana kegiatan administrasinya dilakukan secara rutin. 

Apabila arsip tidak di kelola dengan baik maka arsipnya akan terus bertambah sehingga akan tidak bernilai guna dan akan menjadi tumpukan kertas yang tidak bernilai guna, untuk itu diperlukan pengelolaan arsip dinamis yang efisien dan efektif.

“Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan penciptaan arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu sedangkan pengelolaan arsip dinamis adalah proses pengendalian arsip secara efisien, efektif dan sistematis yang meliputi penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip,” ujarnya.

Ia menjelaskan sedangkan arsip vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbaharui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa kearsipan mempunyai peranan penting sebagai memori kolektif bangsa, sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan setiap organisasi dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pembuatan laporan, pengambilan keputusan, pengendalian, penilaian, dan pertanggungjawaban,” katanya[InfoPublik]

Share:
Komentar

Berita Terkini