Lomba bertema “Asah Rasa Untuk Generasi Merdeka Berbudaya (ARUNIKA)” itu berlangsung di Aula Museum Aceh, Rabu, 22 Mei 2024. Pelajar yang menjadi akan menjadi perwakilan Aceh untuk mengikuti lomba tingakat nasional yang digelar Oktober 2024 mendatang.

Kepala UPTD Museum Aceh, Mudha Farsyah menyebutkan, lomba tersebut digelar untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan tentang wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa sehingga terwujud kesadaran jati diri bangsa serta karakter yang kuat dalam diri generasi muda.

Selain itu, lewat kegiatan lomba tersebut Museum Aceh juga mengajak generasi muda untuk menghargai bangsanya. Mudha mencontohkan, seperti rasa bangga dan cinta tanah air melalui wawasan kebudayaan dan sejarah kepahlawanan.

“Selamat mengikuti lomba cerdas cermat pada hari ini. Kepada adik-adik peserta lomba enjoy dalam mengikuti kegiatan pada hari ini, jangan tertekan dan keluarkan semua kemampuan yang sudah dipelajari terkait dengan museum, sejarah,” kata Mudha.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum khususnya dari kalangan pelajar.

“Insya Allah saya yakin adik-adik semua pasti bisa, siapa pun yang menang lomba kali ini merupakan yang terbaik,” jelas Mudha.

Adapun akhir dalam lomba cerdas cermat keluar sebagai juara, yakni juara 1 dari MTsS Ulumul Quran Banda Aceh, juara 2 dari SMP Negeri 1 Peukan Bada, juara 3 dari SMP IT Luqmanul Hakim Aceh Besar.

Sementara juara harapan 1 dari MTs Negeri 2 Aceh Besar, juara harapan II dari SMP Negeri 6 Banda Aceh, dan juara harapan III SMP Islam Al-Azhar Chairo Banda Aceh.[]