Pemerintah Aceh Dukung Program MBKM

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Pemerintah Aceh menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Iskandar Muda (Unida) sebagai bentuk dukungan terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penandatanganan ini berlangsung di Aula pasca-Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unida pada Kamis (16/5/2024).

MoU tersebut ditandatangani oleh Plh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, M. Gade, yang mewakili Pemerintah Aceh.

Selain dengan Pemerintah Aceh, Unida juga menjalin kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Aceh, dan Radio Gema Baiturrahman Jaya.

Dalam sambutannya, Gade menjelaskan bahwa MoU ini menandai kesepakatan antara Pemerintah Aceh dan Unida untuk bekerja sama dalam pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing pihak.

“Ruang lingkup kerja sama ini mencakup pemanfaatan bersama berbagai sumber daya, penyelenggaraan seminar, workshop, konferensi ilmiah, pengabdian masyarakat, dan implementasi Program MBKM,” ujar M. Gade.

Gade menambahkan, Pemerintah Aceh sangat mendukung Program MBKM yang digalakkan oleh pemerintah pusat. Menurutnya, program ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan dengan soft skills dan hard skills yang matang dan relevan dengan kebutuhan zaman.

“Selama ini, kami telah menerima mahasiswa magang dari sejumlah perguruan tinggi di Aceh. Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik penandatanganan MoU hari ini dan siap menyambut kehadiran para mahasiswa magang Unida di Pemerintah Aceh dengan tangan terbuka,” kata Gade.

Rektor Unida, Prof. Syafei Ibrahim, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan Pemerintah Aceh dan tiga lembaga lainnya. Prof. Syafei optimis bahwa dengan dukungan dari berbagai lembaga, upaya Unida untuk mencetak lulusan yang matang dan siap bersaing di kancah global dapat terwujud.

“Penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, PWI, TVRI, dan Radio Gema Baiturrahman atas kerjasama yang ditandatangani hari ini. Dengan dukungan dari lembaga-lembaga tersebut, kami optimis dapat menjalankan program MBKM dengan lebih baik, sehingga upaya untuk mewujudkan lulusan yang siap dan matang serta mampu bersaing di tingkat global akan dapat kita laksanakan bersama,” ujar Prof. Syafei.[InfoPublik]

Share:
Komentar

Berita Terkini