Pemkab Aceh Tengah Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Editor: Syarkawi author photo

 

Takengon  - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Upacara ini diselenggarakan di Lapangan Setdakab Aceh Tengah pada Kamis (02/03/2023). Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, hadir sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Dalam sambutannya, Mirzuan menyampaikan bahwa tantangan dalam proses pembelajaran selama lima tahun terakhir, terutama akibat pandemi, mengubah secara drastis proses belajar-mengajar dan gaya hidup kita. Namun, pandemi juga memberikan kesempatan untuk mempercepat perubahan, di mana kita bersama-sama berjuang untuk pulih dan menjadi lebih kuat. "Kini, kita sudah melalui ombak kencang dan karang tinggi bersama-sama. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar," ujar Mirzuan.

Mirzuan menekankan bahwa saat ini anak-anak Indonesia kembali berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas, guru-guru berani mencoba hal-hal baru karena mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya, dan mahasiswa siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

Sambutan dari Nadiem Makarim juga menekankan pentingnya kelanjutan gerakan Merdeka Belajar sebagai langkah menuju perubahan yang menyeluruh. Dia menyampaikan terima kasih atas perjuangan semua pihak dan menitipkan harapan agar gerakan Merdeka Belajar terus dilanjutkan. ”Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.” tutup Mirzuan dalam sambutan Menteri Pendidikan RI.

Upacara ini dihadiri oleh Para Unsur Forkopimda Aceh Tengah, Staf Ahli Bupati Setdakab Aceh Tengah, Para Asisten Setdakab Aceh Tengah, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Rektor IAIN Takengon, Rektor Universitas Gajah Putih Takengon, Pimpinan Universitas Muhammadiyah Aceh Kampus II Takengon, Pimpinan Poltekes Kemenkes Aceh Tengah, Ketua MPD, Ketua PGRI, Ketua IGI, Pengawas Sekolah, Ketua K3S SD Aceh Tengah, Ketua MKKS SMP SMA/SMK Aceh Tengah, dan jajaran ASN setdakab Aceh Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, serta Kepala sekolah, guru, dan siswa SD, SMP, SMA/ SMK, dan SLB di Kabupaten Aceh Tengah.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini