Pj Bupati Aceh Besar Buka Tasyakur Tahfidz Angkatan III SMPN 3 Al-Fauzul Kabir Kota Jantho

Editor: Syarkawi author photo

 Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto membuka secara resmi tasyakur tahfidz angkatan ke III SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir Kota Jantho, yang berlangsung di Halaman SMP 3 Al-Fauzul Kabir, Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (15/05/2024).

KOTA JANTHO - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, membuka acara tasyakur tahfidz angkatan III SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir Kota Jantho, yang berlangsung di Halaman SMP 3 Al-Fauzul Kabir, Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (15/05/2024).

Dalam sambutannya, Muhammad Iswanto menyampaikanapresiasi atas terlaksananya tasyakur tahfidz angkatan ke III SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir, yang telah berhasil menjalankan dan menyukseskan program satu gampong satu hafidz sesuai dengan Qanun Kabupaten Aceh Besar Nomor 3 Tahun 2022. “Atas nama pribadi dan Pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan Program satu gampong satu hafidz yang menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan sektor keagamaan di Aceh Besar," katanya.

Ia menjelaskan, Program yang lahir dari penjabaran RPJM Pemerintah ini, untuk menjawab persoalan karakter, peningkatan pendidikan agama dan melahirkan Hafidz sebagai imam masa depan. "Dengan harapan bisa menjadi solusi dalam penegakan syariat Islam di tingkat gampong," jelas Iswanto.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan sertifikat kepada siswa lulusan terbaik pada acara tasyakur tahfidz angkatan ke III SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir Kota Jantho, bertempat di Halaman SMP 3 Al-Fauzul Kabir

Kemudian, Kehadiran generasi muda Islami sudah menjadi keharusan di era kemajuan seperti saat ini. Apalagi, tantangan zaman semakin kompleks dan beragam dengan berbagai ancaman, seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas hingga krisis moral keimanan. "Jadi, program hafidz ini merupakan hal yang sangat penting dan harus kita dukung bersama-sama untuk menyelamatkan masa depan para generasi muda di Aceh Besar," ujarnya.

Disamping itu, Muhammad Iswanto meminta kepada lulusan supaya bisa menjadi generasi yang menjaga dan penghafal Al-Qur’an secara lisan serta teladan dalam masyarakat. "Maka, setelah keluar dari sini, para santri harus mampu mempertahankan dan bisa menyelesaikan hafalan 30 juz, dimanapun kalian melanjutkan pendidikan nantinya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Al Fauzul Kabir Sabri SPd mengatakan, tasyakur merupakan salah satu agenda tahunan SMPN 3 Al-Fauzul Kabir."Tujuannya, untuk memberikan apresiasi kepada santri atas keberhasilannya dalam menjalankan pendidikan selama 3 tahun," pintanya.

Sabri mengungkapkan, Program yang terbilang sukses ini berhasil setiap tahun melahirkan para Hafidz dan ini merupakan tasyakur angkatan yang ke III yang digelar oleh SMPN 3 Al Fauzul Kabir. Karena, untuk angkatan pertama di wisudakan pada tahun 2021 dan angkatan kedua di tahun 2022.

"Alhamdulillah, hari ini kami bisa melaksanakan tasyakur dan wisuda para santri angkatan ke III sesuai dengan yang sudah direncanakan," sebut Sabri.

Untuk diketahui bersama, jumlah keseluruhan siswa di SMPN 3 Al-Fauzul Kabir sebanyak 219 siswa dan yang berhasil menyelesaikan pendidikan tahfidz pada tahun 2024 berjumlah 71 orang. "Dari jumlah tersebut, ada satu siswa yang berhasil menghafal Al-Qur'an 20 Juz atas nama T. Samsuar berasal dari Kecamatan Peukan Bada dan diikuti oleh beberapa siswa lain dengan hafalan 15 sampai 16 Juz," pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, Dewan pembina SMPN 3 Al Fauzul Kabir, Kepala Bappeda Aceh Besar, Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Kepala Dinas Syariat Islam, ketua baitul mal, Kadis Perhubungan, Forkopimcam Kota Jantho, para dewan guru dan para orang tua wali siswa.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini