Rakerda, Program Humasa Sebbel/Khumaha Heba dihadiri Kadis Pertanian Aceh dan Pj Bupati Simeulue

Editor: Syarkawi author photo


Kepala Dinas Pertanian Aceh, Ir. Cut Huzaimah, M.P,(tengah)serahkan Bantuan Kementrian Pertanian RI Untuk Kabupaten Simeulue Yang diterima langsung Pj. Bupati Simeulue (kiri) disaksikan Kadis Pertanian Samsuar.(kanan) di Gedung Serbaguna Kabupaten Simeulue pada Rabu, 8 Mei 2024.

Simeulue - Penjabat Bupati Simeulue, Ahmadlyah, SH, dan Kepala Dinas Pertanian Aceh, Ir. Cut Huzaimah, M.P, Kadis Pertanian Kab. Simeulue Samsuar, serta unsur Forkopimda menghadiri rapat kerja daerah (rakerda) program Humasa Sebbel/Khumaha (Turun Kesawah Besar-Besaran) Heba tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kabupaten Simeulue pada Rabu, 8 Mei 2024.

Rakerda tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan produksi padi sebagai salah satu langkah dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan di daerah Aceh dan khususnya di Kabupaten Simeulue. Dalam acara tersebut, nota kesepakatan bersama ditandatangani oleh Ahmadlyah, SH, dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh, Ir. Cut Huzaimah, M.P, serta unsur Forkopimda.

Ahmadlyah menyampaikan bahwa peningkatan produksi padi memiliki peran penting dalam memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat Simeulue dan secara luas, bagi penduduk Indonesia. Menurutnya, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi sebagian besar penduduk Indonesia, sehingga program Humasa Sebbel/Khumaha Heba harus dipertahankan oleh Pemerintah Daerah Simeulue. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh krisis pangan yang sedang dihadapi.

suasana Rakerda Program Humasa Sebbel/Khumaha Heba di Gedung Serbaguna Kabupaten Simeulue pada Rabu, 8 Mei 2024.

Ahmadlyah menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung program-program yang bertujuan meningkatkan produksi padi dan ketahanan pangan di Simeulue. Dengan demikian, diharapkan dapat mengatasi tantangan krisis pangan yang tengah dihadapi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pada akhir arahannya, Pj Bupati menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan rapat kerja daerah tersebut. Dia berharap kegiatan tersebut dapat memompa semangat semua pihak, khususnya petani di Kabupaten kepulauan itu.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan serah terima bantuan alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian. Bantuan tersebut meliputi 45 unit traktor roda dua, 4 unit irigasi perpomoaan, dan 11 unit pompa air. Selain itu, juga diserahkan bantuan berupa benih padi Ibrida sebanyak 3 ribu hektare, oplah rawa 4 ribu hektare, dan dolomit sebanyak 1.000 ton.

Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Simeulue dan membantu mengatasi krisis pangan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis melalui Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh, Ir. Cut Huzaimah, M.P, kepada Pemerintah Kabupaten Simeulue, yang diterima langsung Pj Bupati, Ahmadlyah, SH.

Turut hadir dalam kesempatan itu sejumlah unsur Forkopimda, diantaranya, Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, mewakili Dandim 0115, Mayor Inf Harry Soesanto, mewakili Kapolres, mewakili Kajari. Kemudian sejumlah anggota DPRK, Pj Sekda Simeulue, Asludin, M. Kes, para Asisten, Staf Ahli, Kabag, Kepala Dinas, Kepala Desa dan Camat di Kabupaten Simeulue.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini