Staf Ahli Bupati Simeulue Buka Monitoring Spesialis Penatalaksanaan ANC dan Penggunaan USG bagi Tenaga Kesehatan di Faskes Tingkat Pertama

Editor: Syarkawi author photo


Simeulue - Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Simeulue, Marlian, S.IP, selaku Nota Dinas (ND) Pj Sekda Simeulue, secara resmi membuka kegiatan Monitoring Spesialis Penatalaksanaan ANC (Antenatal Care) dan Penggunaan USG bagi Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Acara ini berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Simeulue dan dihadiri oleh para dokter, jajaran Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, dan perwakilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) cabang Simeulue. Simeulue, 15 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Marlian menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, BPJS telah memberikan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. "BPJS Kesehatan telah menjadi penjamin layanan kesehatan yang berkualitas bagi semua, memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat," ujar Marlian.

Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan layanan kesehatan dengan meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam penatalaksanaan ANC dan penggunaan USG. Marlian berharap bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga medis dan kualitas pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari desa, puskesmas, hingga rumah sakit umum daerah (RSUD).

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para tenaga kesehatan dapat meningkatkan kompetensi mereka dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat," tambahnya.

Marlian juga menekankan pentingnya kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah daerah untuk terus berjalan sesuai dengan amanat undang-undang. Ia mengajak seluruh peserta monitoring untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat menambah pengetahuan dan semangat dalam menjalani profesi yang mulia ini.

Turut hadir dalam acara ini, dr. Dona Rumondang Nasution, Kabid Penjaminan Manfaat dan Utilisasi yang mewakili Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, Kepala Dinas Kesehatan Simeulue, dr. Armidin, MKM, Kepala BPJS Kesehatan Simeulue, M. Irdiansah S.Kep, serta dr. Effie Masyitah Siregar, Sp.OG, selaku Narasumber Mentoring Specialist. Juga hadir Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Simeulue, dr. Maulina Sri Rizky, M.Ked, Sp. Saraf.

Acara ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Simeulue, sejalan dengan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini