Bripka Adi : Dari Ajak Warga Beralih Dari Tanam Ganja Ke Palawija Hingga Mendapat Penghargaan dan Umrah Gratis Dari Kapolda Aceh

Editor: Syarkawi author photo


Nagan Raya - Bripka Adi Syafnur Arisal sudah menjadi Bhabinkamtibmas di Beutong Aceh, Polres Nagan Raya selama 3 tahun. Dia menceritakan dulu sering ada operasi penggagalan peredaran ganja yang pusatnya di  Beutong Ateuh.

Menurut keterangan Kapolsek Beutong Ipda Abdul Kadir Jailani.,S.AB.,S.H. BhabinKamtibmas Bripka Adi Safnur sudah merubah pola pikir masyarakat di Beutong Banggalang dari menanam ganja untuk menanam palawija.

"Dari upaya  Adi Safnur tersebut Baru saja mendapatkan penghargaan dari Kapolda Aceh dan selanjutkan di berangkatkan Umrah oleh bapak Kapolda Aceh dan ini wujud Syukur kami Selaku Kapolsek Beutong karna BhabinKamtibmas kami terpilih menjadi Bhabin terbaik,"Ujar Ipda Abdul Kadir Jailani.

Lanjut Kapolsek Beutong, Bripka Adi merupakan Bhabinkatibmas di Beutong Ateuh Banggalang yang juga menjabat sebagai Kapospol. Ide mengajak warga untuk beralih menanam palawija itu muncul setelah dirinya melakukan kunjungan ke sejumlah warga.

Selain itu " Adi juga melakukan pendekatan ke sejumlah tokoh di majelis taklim. Dia mengajak para tokoh itu menjelaskan kepada masyarakat mengenai hukum menanam ganja dan mengedarkannya," ucap  Abdul Kadir Jailani.

Sementara Itu Bripka Adi Syafnur Arisal mengajak tengku-tengku di tempat majelis, kan kita ada pendidikan majelis taklim itu. Jadi mengajak tengku pesantren itu kalau bisa ditekankan secara agama haramnya ganja itu apa, apabila menghasilkan uang dari itu, kemudian membiayai pendidikan anak.

Dari berbagai pendekatan yang dilakukan Adi itu, masyarakat secara perlahan-lahan mulai sadar. Terlebih lagi, beberapa masyarakat di sana tertangkap karena mengedarkan ganja.

"Kemudian beralihlah menanam Karena dulu susah pemasarannya di Beutong Ateuh, bahkan saya sendiri, yang memasarkan, cabai ada, terong ada tanaman lain, saya sendiri yang memasarkannya supaya itu harga bisa terjangkau karena jarak tempuh dari perjalanan sekitar 2 jam Nagan Raya ke Beutong Ateuh," ujar Adi.

Adi pun membantu masyarakat dengan uang pribadinya untuk memasarkan cabai sampai akhirnya berhasil. Setelah satu kelompok berhasil, akhirnya langkah menanam palawija itu diikuti oleh masyarakat lain.

"Alhamdulillah yang pertama itu masalah kebun cabai ada dari Beutong Ateuh ini sudah berlomba-lomba untuk umroh, dari hasil cabai sampai berangkat umroh, bahkan ketika di Beutong Ateuh ini ketika mayoritas sebagian yang ikut yang lain ikut mencoba juga," ujar Adi.


* Kapolda Aceh Apresiasi Bhabinkamtibmas Polsek Beutong *


Bripka Adi Syafnur Arisal menerima penghargaan dari Kapolda Aceh di gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Selasa, 23 Januari 2024.

Penghargaan ini diterima langsung Bripka Adi dari Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, S.I.K., M.H saat membuka kegiatan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas sejajaran Polda Aceh tahun 2024.

Dalam sambutannya, Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pengemban fungsi Binmas Polri, khususnya Ditbinmas Polda Aceh dan jajarannya atas kinerja, dedikasi, inovasi, dan kreativitas yang diberikan dalam upaya meningkatkan simpatik dan kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif di Aceh.

Dalam kegiatan itu, Kapolda Aceh bersama Wakapolda, Irwasda, dan Dirbinmas menyerahkan piagam penghargaan kepada lima pemenang lomba kategori Polsek terbaik, lima Bhabinkamtibmas, dan lima polisi RW terbaik di tingkat Polda dan Polres jajaran dalam rangka mendukung 100 hari kinerja Kapolda Aceh. 

Selain itu, Kapolda juga memberikan hadiah khusus berupa umrah kepada tiga Bhabinkamtibmas terbaik.

Bhabinkamtibmas Bripka Adi Syafnur Arisal penerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Aceh, Kapolres Nagan Raya, kasat binmas, kapolsek Beutong, insan Pers dan masyarakat Nagan Raya.

“Penghargaan ini tentunya akan memotivasi saya untuk berbuat inovasi lebih baik lagi bagi warga binaan saya di Beutong Ateuh Banggalang,” kata Bripka Adi.

Ia mengapresiasi atas sinergitas yang telah terjalin dengan baik antara dirinya selaku Bhabinkamtibmas dengan Masyarakat di Beutong Ateuh Banggalang.

“Semoga sinergitas yang baik ini dapat terus terjaga dan semakin meningkat,” ucapnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini