Disdik dan BAN PDM Aceh Sepakati Langkah Strategis untuk Kolaborasi Pendidikan Aceh

Editor: Syarkawi author photo

 Disdik dan BAN PDM Aceh Sepakati Langkah Strategis untuk Kolaborasi Pendidikan Aceh.

BANDA ACEH - Dalam upaya memperkuat kualitas pendidikan di Aceh, Badan Akreditasi Nasional (BAN) PDM Aceh melaksanakan rapat kerja dengan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, ST., D.E.A.

diskusi yang berlangsung lebih dari dua jam ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai lembaga yang mengurus pendidikan, terutama dengan BAN PDM Aceh. Banda Aceh, Rabu, 26 Juni 2024.

Marthunis menyampaikan bahwa keberhasilan pendidikan di suatu daerah sangat bergantung pada kerja sama yang baik dengan semua pemangku kepentingan.

“Pendidikan di Aceh dikatakan berhasil apabila adanya kerja sama yang baik dengan semua stakeholder yang mengurus pendidikan,” ujar Marthunis.

Marthunis menambahkan bahwa isu pendidikan yang kompleks memerlukan dukungan dan pelaksanaan bersama demi mencapai pendidikan Aceh yang bermartabat, beradab, dan cerdas.

Lebih lanjut, Marthunis berharap agar semua pihak memiliki persepsi yang sama dalam memahami dan mengurus pendidikan di Aceh. “Baik kepala sekolah, guru, maupun staf Dinas Pendidikan Aceh harus tahu dan memahami asesmen yang akan dijalankan oleh BAN PDM Aceh dan Disdik dalam memajukan pendidikan di Aceh,” ujarnya.

Menurutnya, jkesamaan persepsi ini hpenting untuk melakukan pengukuran yang tepat dan akurat. Pendidikan yang baik harus didasarkan pada data dan asesmen yang terukur terhadap siswa, guru, dan pengawas.

“Dari asesmen ini, kita dapat menurunkan kebijakan bersama yang harus diadvokasikan kepada banyak pihak sehingga menjadi rujukan dalam menjalankan pendidikan Aceh ke arah yang lebih baik,” jelas Marthunis.
Marthunis juga menyebutkan bahwa dalam waktu dekat, Disdik Aceh akan menyusun rencana strategis pendidikan dan grand design menuju 2045 untuk mencapai Indonesia Emas.

Semua masukan dan inspirasi dari seluruh pegawai BAN PDM Aceh akan menjadi dasar untuk mengevaluasi dan menjalankan berbagai inisiatif secara bersama yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan mutu guru dan lulusan serta meningkatkan daya serap siswa di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Jelas Marthunis.

Ketua BAN PDM Aceh, Drs. Yusnaidi, M.Pd, menyampaikan apresiasi tertinggi kepada Kadisdik Aceh atas kesediannya hadir di tengah kesibukan.

“Kehadiran Kadisdik Aceh hari ini menjadi bsemangat baru bagi kami di BAN dalam menjalankan kerja sama di bidang pendidikan,” ujarnya.

Yusnaidi menekankan pentingnya dukungan dari Dinas Pendidikan untuk mempertahankan mutu akreditasi sekolah. "Kami mohon kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk dapat memberikan dukungan sepenuhnya sehingga akreditasi yang telah dicapai dapat dipertahankan mutunya," tambahnya.

Yusnaidi juga menjelaskan bagi sekolah-sekolah yang belum terakreditasi untuk dapat mempersiapkan segala administrasi sesuai dengan instrumen yang dinilai, ia menyebutkan bahwa persyaratan akreditasi tahun ini lebih ringan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Bagi yang belum terakreditasi, tidak usah khawatir karena tahun ini persyaratannya lebih ringan dari tahun sebelumnya," jelasnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini