Diskominsa Buka Pelatihan Wabsite Gampong.id Pada 138 Operator Desa se-Kabupaten Simeulue

Editor: Syarkawi author photo

 

  Pj. Sekretaris Daerah Simeulue, Asludin, M. Kes, pemberian name tag peserta secara simbolis dalam pembukaan pelatihan Gampong.id  untuk para operator dan aparatur  138 Desa dalam Kabupaten Simeulue. di Aula Diskominsa setempat, Rabu (26/6/2024)(foto:zn)

SinabangPemerintah Kabupaten Simeulue dalam hal ini Pj. Bupati Simeulue Ahmadlyah, SH melalui Pj. Sekretaris Daerah Simeulue, Asludin, M. Kes, secara resmi membuka pelatihan Gampong.id untuk para operator dan aparatur  138 Desa dalam Kabupaten Simeulue.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Diskominsa setempat, Rabu (26/6/2024), dihadiri ratusan para para Kepala Desa atau yang mewakili dan operator, dan para sejumlah SKPK.

Pj Sekda Asludin, SE., M.Kes menyebutkan, Kegiatan hari ini diikuti oleh operator dari 138 Desa se-Kabupaten Simeulue dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Simeulue, dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan desa dalam mengelola informasi dan komunikasi melalui platform digital. Website Gampong.id diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi, memberikan layanan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Sesuai dengan Tema “Wujudkan Transformasi Desa yang Informatif, Inovatif, Terdepan dan Berkembang yang sesuai dengan Peraturan Bupati Simeulue Nomor 36 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.(zn/bs)

Lanjut Pj Sekda, Pertama sekali,  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Narasumber dan Tim Trainer Kominfo Aceh yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membantu kami dalam hal implementasi Pengelolaan Website Gampong.id pada Pemerintah Kabupaten Simeulue.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi terkini dan relevan tentang gampong, serta meningkatkan transparansi dalam pengelolaan informasi.

Diakhir arahan dan bimbingan ini Pj Sekda, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Simeulue yang telah mewujudkan Transformasi Desa Yang Informatif, Inovatif, Terdepan dan Berkembang. Jangan cepat berpuas diri, terus tingkatkan kemampuan dan kapasitas diri untuk dapat berbuat lebih banyak.

Kepala Dinas Kominsa Simeulue, Misrahudin, SE, memberikan Sambutan sekaligus laporan pada acara Pelatihan Gampong.id  di Aula Diskominsa setempat, Rabu (26/6/2024)(foto:zn)

Diawal Kepala Dinas Kominsa Simeulue, Misrahudin, SE, memberikan Sambutan sekaligus laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Pelatihan Gampong.id adalah portal berita & informasi seluruh gampong yang ada di Aceh. Masing-masing website akan dikelola oleh setiap Gampong secara mandiri. Dengan menggunakan Aceh CMS, dapat memudahkan pengguna dalam penyampaian informasi dan mengindeks website pada search engine.

Saya sungguh menyambut baik upaya ini sebagai bagian dari usaha untuk menyediakan informasi pembangunan bagi masyarakat yang oleh karena perkembangan teknologi informasi tidak harus datang ke Kota untuk mengetahui sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi Desa se-Kabupaten Simeulue. Namun, cukup dengan berselencar dalam dunia maya maka berbagai pihak yang berkepentingan dengan informasi pembangunan di tingakat Desa Kabupaten Simeulue.. Informasi  publik harus dapat diakses dengan mudah agar tewujudnya  pemerintah yang baik dan  bertanggung jawab.

Dengan tujuan mengembangkan kualitas sumber daya masyarakat di bidang informasi agar menjadi insan informasi yang dapat diandalkan dalam pelaksanaan pembangunan. menjembatani informasi antara masyarakat dan pemerintah gampung dalam penyebaran informasi serta penyerapan aspirasi, website Gampong.id guna memberikan kemudahan akses Informasi Gampong kepada masyarakat setempat dan Masyarakat pendatang yang ingin mengetahui gampongnya “Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai hari ini hingga besok, tanggal 26 s.d 27 Juni 2024 mendatang” jelas Misrahudin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Renil Muriansyah Putra, S.STP, M.Ec, Dev, Sekretaris Diskominsa, Buyung Ali Kardin, S. Pd, dan Kabid. PLIPHM Dedi Dahmuri, ST., beserta sejumlah kepala bidang pada Diskominsa. Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri dari Diskominsa Aceh, yaitu Yudi Kasmara, S. Kom, dan Zainal Mahyar, S. Pd.(zn/bs)

Share:
Komentar

Berita Terkini