Peringati HANI 2024, BNNK Langsa Gelar Serangkai Kegiatan dan Donor Darah

Editor: Syarkawi author photo

 


Kota Langsa - Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada  Tahun 2024, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Langsa telah menggelar serangkaian kegiatannya dan pada puncak peringatan melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah serta menyaksikan puncak peringatan secara virtual, Rabu (26/06/2024).

Turut hadir dalam peringatan puncak HANI,  Pemerintah Kota Langsa dihadiri Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid, para Forkopimda Kota Langsa dan Aceh Timur bersama kepala BNN Kota Langsa mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Anti narkotika Internasional, secara virtual berlangsung di Aula Lt 2 kantor BNN setempat.

Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom, menyampaikan peringatan HANI Tahun 2024 adalah momen kontemplasi dengan renungan dan kebulatan pemikiran serta perhatian yang penuh terhadap ancaman bahaya narkotika oleh seluruh negara di dunia khususnya di Indonesia yang kita cintai.

Adapun Tema HANI Internasional Tahun 2024, “ The Evidence Is Clear: Invest In Prevention”. Sedangkan Tema Nasional HANI Tahun 2024, “Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”.

Kejahatan Narkotika adalah sebuah kejahatan yang merupakan ancaman nyata bagi generasi bangsa, berdasarkan survei prevalensi tahun 2023 sebanyak 1,73% atau setara dengan 3,33 juta penduduk yang terpapar Narkotika, dengan kelompok umur 15 sampai 24 tahun.

Pada tahun 2023 BNN telah berhasil mengungkap 15 jaringan Narkotika pelaku Nasional, dan 22 jaringan pelaku internasional dengan barang bukti terdiri dari; Sabu 1,29 Ton, Ganja 1,31 Ton, Ektasi 369.533 Butir, dan lahan ganja seluas 27,7 Hektar, serta mengungkap pelaku TPPU dengan menyita aset sebesar Rp. 162.244.526.644,-.

Masalah narkoba adalah masalah bersama, BNN tidak dapat bekerja sendiri, sejalan dengan tema Bergerak Bersama Melawan Narkoba, BNN telah membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pencegahan, pemberdayaan masyarakat masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan.

Komjen Pol. Marthinus Hukom, menambahkan, bahwa BNN secara aktif ikut dalam pertemuan Internasional baik yang sifatnya regional, multilateral, maupun bilateral antara lain;

● Regional Meeting Meliputi ASEAN Senior Officials Meeting On Drug Matters (ASOD),
ASEAN Airport Interdiction Taskforce (AAITF), ASEAN Senior Official On Drug Matters, ASEAN Ministerial Meeting On Drugs Matters (AMMD).

● Multilateral Meeting Antara lain; Commission On Narcotic Drugs (CND), Internasional Drug Enforcement Conference (IDEC), Heads Of National Drug Law Enforcement Agencies Asia and The Pacific (HONLAP), Global Smart United Nations Office On Drugs and Crime (UNODC), Head Of National Law Enforcement Agency (HONLEA), dan International Narcotics Control Board (INCB).

● Bilateral Meeting dengan Myanmar, Timor Leste, Vietnam, China, Arab Saudi, Peru, Kolombia, Venezuela, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, India, Rusia, Filipina, Maroko, Iran, Argentina, dan Thailand.

Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerjasama, berkoordinasi, berkolaborasi dan terus bersinergi dengan BNN RI DALAM upaya yang berkesinambungan guna menuju Indonesia Bersinar (Indonesia Bersih Narkoba).

Dalam kesempatan ini, Saya mengajak semua pihak Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Para Akadenisi, dan Masyarakat baik yang hadir disini maupun yang mengikuti acara HANI secara Virtual, untuk komitmen bersama-sama memerangi peredaran gelap Narkotika, memperkuat individu dan masyarakat untuk tidak bersinggungan dengan Narkoba, dan berkomitmen untuk menangkal masuknya Narkoba dari luar, ungkap Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom.

Sementara itu Kepala BNN Kota Langsa, Kompol Muhammad Dahlan SH MH usai mendonorkan darahnya menyampaikan terima kasih kepada Forkopimda Kota Langsa dan Aceh Timur, yang sudah memenuhi undangan kami sesuai arahan BNN RI untuk mengikuti secara virtual Zoom kegiatan puncak HANI tahun 2024.

Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan bahwa, pada hari puncaknya HANI, BNN Kota Langsa melaksanakan Bakti Sosial berupa donor darah berlangsung di halaman parkir kantor BNN.

Pada momentum HANI Tahun 2024 serangkai kegiatan yang telah dilaksanakan BNN Kota langsa yaitu;
1. Kepala BNN Kota langsa dan Personil saweu Gampong. 

2. Dialog atau sarasehan Forum Komunikasi P4GN di Kota Langsa 28 Mei 2024.

3. Kerjasama dengan Pelti dalam rangka open turnamen Tenis pada tanggal 8-9 juni tahun 2024.

4. Gelora Mars BNN di sekolah- sekolah dalam program saweu sikula.

5. SPN sinergi pemasangan spanduk usir narkoba dari Gampong Geutanyoe.

6. Pagelaran Seni dan lomba Content Creator P4GN, kamis 13 juni 2024.

7. Kegiatan deteksi dini melalui tes urine kepada supir, kerjasama Sat Lantas Polres langsa, Perhubungan dan Jasa Raharja di Terminal Terpadu Tipe A Langsa.

8. Melakukan penyelidikan secara terus menerus terutama kawasan rawan.

9. Pelayanan rehabilitasi dan SKHPN. 

10. Bakti Sosial Donor Darah

11. Melaksanakan Edukasi P4GN ke semua lingkungan sebagai upaya ketahanan pribadi, keluarga, dan masyarakat luas untuk menangkal ancaman bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

12. Deteksi dini melalui tes urine bagi calon pengantin dan mengedukasi P4GN kepada Catin.

Terima kasih pada segenap stakeholder dan pegawai BNNK Langsa yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan peringatan HANI Tahun 2024, pungkas Kepala BNN Kota Langsa Kompol Muhammad Dahlan.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini