Pj Ketua TP PKK Aceh Besar bersama Kadis Kesehatan Aceh Buka MASATER 9 AMSA USK 2024

Editor: Syarkawi author photo

 Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rizky Handayani SIP MM memberi sambutan sekaligus Membuka Kegiatan MASTER Mahasiswa Fakultas Kedokteran USK, di Aula UDKP Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Sabtu (01/06/2024).

KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM, bersama Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Aceh dr. Munawar, Sp.OG, Kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKM MKes, Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan FK USK dr Subhan Rio Pamungkas Sp KJ (K), dan Camat Montasik Yuslizar, S.Sos, membuka kegiatan MASATER 9 (AMSA Social, Action, Training, Education, and Recreation) yang diselenggarakan oleh AMSA USK, di UDKP Kecamatan Montasik Aceh Besar, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Pada kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani mengapresiasi AMSA USK yang telah menginisiasi kegiatan sosial tahunan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Aceh Besar, khususnya dalam meningkatkan kesadaran dan pelayanan kesehatan.

Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan upaya untuk menangani tantangan di bidang kesehatan yang semakin kompleks di era global.

Ia juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan. "Terima kasih kepada AMSA-USK yang telah memilih Kabupaten Aceh Besar sebagai pusat kegiatan sosial tahun ini. Semoga segala amal kebaikan kita mendapatkan pahala dari Allah SWT," ucapnya.


Sementara itu, Kadis Kesehatan Aceh, dr. Munawar, Sp.OG, membacakan amanat Pj Gubernur Aceh yang menyatakan Pemerintah Aceh mendukung penuh kegiatan tersebut sebagai investasi masa depan.

Pj Gubernur menyampaikan apresiasi kepada panitia, relawan, dan semua pihak yang terlibat, serta mengajak peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini untuk belajar dan berbagi.

AMSA USK diharapkan terus menjadi pionir dalam upaya kesehatan masyarakat dengan prinsip ilmiah, non-politik, dan independen, serta menjaga kolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait. Mereka juga diundang menjadi agen perubahan dalam menyuarakan kebutuhan masyarakat terkait layanan kesehatan.

"Semoga AMSA USK ini terus berkembang menjadi organisasi mahasiswa terbaik di bidangnya," tuturnya.

Di sisi lain, Wakil Dekan III FK USK Dr. Subhan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir, serta menyampaikan apresiasi kepada dosen dan staf yang berkontribusi dalam acara tersebut.

"Kegiatan ini merupakan upaya rutin dari Fakultas Kedokteran untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat," ujar Dr. Subhan. Ia menjelaskan bahwa selain dokter spesialis yang akan memberikan pemeriksaan dan pengobatan, kegiatan ini juga berfungsi sebagai praktik langsung bagi mahasiswa dalam menghadapi dan memeriksa pasien.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan bantuan kepada masyarakat di Montasik dan sekitarnya. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan dan pengobatan umum, sunatan, pemeriksaan mata, THT, kesehatan jiwa, dan penyuluhan di sekolah-sekolah.

Dr. Subhan juga mengundang peserta untuk memberikan masukan agar kegiatan mendatang bisa lebih baik lagi.

Sebagai informasi lainnya, MASATER 9 AMSA-USK adalah program kerja yang diadakan oleh AMSA-USK, sebuah organisasi mahasiswa kedokteran yang bergerak di bidang sosial, medis, pendidikan, dan kemanusiaan. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat dengan mendatangkan layanan kesehatan rujukan.

Program MASATER 9 tidak hanya berfokus pada pelayanan medis seperti konsultasi dan perawatan, tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui penyuluhan dan pelatihan. Tahun ini, terdapat 17 rangkaian acara yang diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan seluruh elemen masyarakat.

Seperti diketahui 17 rangkaian acara MASATER 9 AMSA-USK meliputi Konsultasi Dokter Spesialis

Pemeriksaan Visus Mata dan Screening Buta Warna, Sosialisasi Anemia, Sosialisasi Mental Health, Sosialisasi NAPZA, Lomba Azan, Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) & Kesehatan Gigi dan Mulut (KGM), Sosialisasi Gizi Seimbang dan Sandwich Competition, Lomba Mewarnai, Rangking 1, Sirkumsisi, Senam Jantung Sehat dan EKG, Sosialisasi dan Pemeriksaan THT, Pemeriksaan Antropometri dan kunjungan lainnya ke masyarakat.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini