Audisi diikuti putra putri Aceh berlangsung di Taman Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh, Rabu 17 Juli 2024. Peserta audisi merupakan perwakilan kabupaten/kota di Aceh di antaranya, Kota Sabang, Kabupaten Nagan Raya, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kabupaten Aceh Barat.

Mereka telah mengikuti serangkaian proses pemilihan dimulai technical meeting hingga ke tahap audisi. Kegiatan itu menghadirkan juri dari Kemendikbudristek RI Sukanty Sidharta, serta dewan juri daerah yaitu Syafruddin, Samsuri, Lilawati, Moridza Thaher, Dara Aldilla.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal melalui Kepala Bidang Bahasa dan Seni Nurlaila Hamzah berharap kepada para peserta dapat menampilkan potensi yang dimiliki dengan maksimal dan sportifitas.

“Dengan memohon rahmat dari Allah SWT semoga audisi pemilihan Gita Bahana Nusantara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sekali lagi kepada peserta selamat berkompetensi berikan penampilan yang terbaik, tunjukan kemampuan kalian dengan penuh semangat,” kata Nurlaila.

Nurlaila menyebutkan, GBN merupakan ajang kompetensi paduan suara dan bagi peserta terpilih akan tampil IKN bersama perwakilan daerah lainnya. Dia berharap peserta tidak terpilih agar tak berkecil hati.

“Kepada peserta yang tidak terpilih untuk jangan berkecil hati, sehingga ilmu dan pengalaman yang didapat bisa disebarluaskan kepada teman-teman daerah yang akan menjadi penerus GBN di tahun depan,” sebutnya.

Nurlaila berharap para peserta dapat berjuang dan memberikan penampilan yang terbaik.

“Sejak kemarin kami sudah melihat rasa kompetitif dalam diri masing-masing peserta dan selanjutnya kami akan menyeleksi secara maksimal untuk mengirimkan putra-putri terbaik di Aceh untuk dapat tampil di peringatan HUT RI,” jelas Nurlaila.[]