BKMT di Kecamatan Permata Diwarnai dengan Pemberian Penghargaan dan Santunan Anak Yatim

Editor: Syarkawi author photo

 

BENER MERIAH - Kegiatan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) putaran ke IV tingkat Kabupaten Bener Meriah yang diselenggarakan di Kecamatan Permata, Rabu (10/7/2024) diwarnai dengan beragam kegiatan diantaranya pemberian penghargaan dan santuan anak yatim. 

Kegiatan BKMT itu, dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si didampingi Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah, Risnawati, S.SiT. BKMT tersebut, dilaksanakan di halaman Kantor Camat Permata. Pengajian Akbar BKMT dirangkai dengan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) 1 Muharram 1446 Hijriah.

Selain pengajian akbar, kegiatan BKMT diwarnai dengan penyantunan anak yatim dan pemberian penghargaan atas program Gemar Membaca Al-Qur'an yang diberikan kepada Ibu Imam Kampung, Ibu Kader Kampung, Anggota BKMT Kampung, Reje Kampung (Kepala Desa), Ibu Reje Kampung dan kepada jama'ah engajian BKMT terbanyak.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Haili Yoga mengimbau kepada unsur Forkopimcam agar memperhatikan fasilitas ibadah. Apalagi di Tahun 2024, dari 232 kampung yang ada di Kabupaten Bener Meriah, Kampung Uning Sejuk, Kecamatan Permata berhasil terpilih menjadi perwakilan kampung dalam ajang Gammawar tingkat Provinsi Aceh.

“Ini adalah kebanggaan kita semua. Kami juga mengimbau kepada Forkopimcam untuk terus mengecek fasilitas ibadah, masjid dan meunasah. Dan kami berharap, hasil dari BKMT hari ini, Kecamatan Permata nantinya bisa melahirkan Kampung Qur'ani,” kata Haili Yoga. 

Dia mengaspresiasi atas dukungan seluruh lapisan masyarakat, mengingat beberapa waktu lalu Kabupaten Bener berhasil terpilih sebagai salah satu dari 4 kabupaten-Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan atas penanganan stunting.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Camat dan Ibu, Bapak Reje dan Ibu Reje, ibu Kader, Imuem Kampung, Mukim dan Unsur Forkopimcam di seluruh Wilayah Kabupaten Bener Meriah atas kerjasama dan dukungannya dalam menuntaskan kasus stunting di Bener Meriah,” sebutnya.  

Haili Yoga meyakini jika melalui program yang sudah diterapkan, satu atau dua tahun kedepan, anak-anak yang lahir tidak lagi stunting, sehingga tujuan untuk menciptakan Bener Meriah zero stunting bisa tercapai.

Di akhir masa jabatannya sebagai Penjabat Bupati, Haili Yoga juga menyempatkan diri menyampaikan permintaan maafnya. Ia bahkan menitip pesan agar masyarakat bisa memilih calon pemimpin yang mencintai Bener Meriah pada pelaksanaan Pilkada Serentak mendatang.

"Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Mungkin dalam kepemimpinan kami sejak dari sekretaris daerah hingga dua tahun terakhir menjabat sebagai Pj Bupati, banyak lemah dan kurangnya. Untuk itu, kami mohon maaf,” pintanya.

Namun, lanjut Haili Yoga, bahwa ia menginginkan agar masyarakat bisa tetap Gemar Membaca Al-Qur'an, menjaga lingkungan masyarakat harus bersih, pendidikannya bagus, ketahanan pangan baik, masyarakat kita tidak lagi miskin, dan anak-anak yatim tidak luput dari perhatian. 

“Itulah tujuan Kami bersama jajaran, yakni memastikan agar semua bisa tersentuh. Kami berpesan kepada seluruh reje kampung, wajib koordinasi dengan inspektorat terkait pengelolaan Dana Desa, agar pelaksanaan tata kelola Dana Desa terhindar dari resiko Sanksi Hukum,” imbaunya. 

Di momen itu, Haili Yoga juga mengingatkan bahwa tidak lama lagi akan dilaksanakan Pilkada sehingga seluruh masyarakat agar menjaga pelaksanaan Pilkada dengan suasana yang kondusif. “Mari kita lahirkan pemimpin yang cinta kepada Kabupaten Bener Meriah, sehingga bisa membawa Bener Meriah jauh ke arah yang lebih baik," tutup Haili Yoga. 

Sebelumnya, Camat Permata, Wien Agus Ismahdar, S.STP menyampaikan kebanggaannya terhadap berbagai program dan kebijakan pemerintah daerah sehingga berhasil menorehkan prestasi.

Menurutnya, beragam prestasi yang kini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat di Kecamatan Permata tersebut tidak luput daripada pendampingan dan perhatian yang diberikan oleh Pj Bupati Bener Meriah.

"Kami sudah lalui banyak proses untuk meningkatkan kembali BKMT di Kecamatan Permata, dan alhamdulillah acara ini bisa sukses berkat kerjasama dari para reje dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Permata," ujarnya.

Disebutkan, masyarakat Kecamatan Permata juga merasa sangat bangga atas beragam prestasi dan penghargaan yang telah berhasil dicapai. Semua itu, tentu tidak lepas dari pembinaan dan arahan yang diberikan oleh Pj Bupati serta Ibu Ketua BKMT. “Untuk itu, kami ucapkan ribuan terima kasih atas bimbingan dan pendampingan yang Pimpinan berikan kepada Kami," sebut Wien Agus.

Pengajian Akbar BKMT Putaran Ke-IV Tingkat Kabupaten yang juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda dan Forkopimda Plus, para Kepala OPD, Ketua Baitul Mal, Kepala Bank Aceh Syari'ah Cabang Bener Meriah, Forkopimcam Permata, para Reje, Imuem Kampung, Direktur PDAM Tirta Bengi, serta sejumlah unsur lainnya. (Rel/Diskominfo).

Share:
Komentar

Berita Terkini