Cek Kondisi Kesehatan Personel, Polres Aceh Timur Gelar Rikkes Berkala

Editor: Syarkawi author photo
Aceh Timur - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Aceh bersama Sidokkes Polres Aceh Timur dan Laboratorium Rumah Sakit Bunda Thamrin, Medan, melaksanakan pemeriksaan kesehatan berkala terhadap personel Polres Aceh Timur. Rabu, (31/07/2024) pagi.

Kegiatan Rikkes Berkala yang belangsung di Aula Bhara Daksa ini diikuti Wakapolres Kompol Iswar, S.H., pejabat utama Polres Aceh Timur, para Kapolsek anggota Polres dan Polsek.

Ps. Kasidokkes Aipda M. Rafi, AMK mengatakan, pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan, bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit.

“Kegiatan ini dilakukan tiap enam bulan sekali untuk mengecek kesehatan khususnya seluruh personel Polri Polres Aceh Timur,” ujar Rafi.

Rikkes Berkala diawali dengan pendaftaran/pengisian formulir, pengambilan darah, tes urine, pemeriksaan tensi/nadi, pemeriksaan gigi, pemeriksaan rekam detak jantung dan rontgen hingga ujian kesehatan jiwa.

“Selain sebagai upaya deteksi dini, hasil Medical Check Up juga akan digunakan sebagai bahan pertimbangan personel dalam mengikuti berbagai pendidikan lanjutan nantinya,” lanjut Rafi.

Dalam pelaksanaannya ada beberapa organ tubuh yang dicek seperti kadar gula darah, urine, detak jantung dan THT.

Untuk memastikan kesehatannya, mulai dari gigi hingga darah dilakukan pengecekan dan apabila ditemukan ada yang kurang maka kami akan berikan rekomendasi untuk melakukan pengobatan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, kesehatan para personil Polres Aceh Timur bisa lebih terjaga dan selalu sehat serta dapat lebih mengetahui kondisi kesehatan masing – masing personel.” Terang Rafi. []

Share:
Komentar

Berita Terkini