Dandim 0101/KBA Hadiri Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Walikota Banda Aceh

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Dandim 0101/KBA, Kolonel Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr.(Han)., menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Walikota Banda Aceh, Pejabat Bupati Aceh Timur, dan Pejabat Bupati Bener Meriah. 

Acara tersebut juga disertai dengan penyerahan Kepmendagri perpanjangan masa jabatan Pejabat Bupati Aceh Besar dan Pejabat Bupati Aceh Utara oleh Pejabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, SE., M.Si. Acara berlangsung di Anjong Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh, Jl. Japakeh, Desa Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Minggu, 14 Juli 2024.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Mendagri oleh Pejabat Gubernur Aceh, diikuti dengan pengukuhan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Pejabat Walikota Banda Aceh, Pejabat Bupati Aceh Timur, dan Pejabat Bupati Bener Meriah. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah dan pakta integritas, serta pembacaan kata-kata pelantikan dan penyerahan surat keputusan kepada para pejabat yang dilantik.

Dalam sambutannya, Pejabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, SE., M.Si., menyampaikan bahwa proses pergantian dan perpanjangan masa jabatan pejabat kepala daerah telah sesuai dengan mekanisme dan aturan hukum yang berlaku. Ia berharap para pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik, menjaga komunikasi yang harmonis dengan semua pihak, dan memastikan stabilitas politik serta keamanan di daerahnya masing-masing.

"Mulai hari ini, Saudara bertiga resmi sebagai Pejabat Kepala Daerah di wilayah masing-masing. Saya meminta Saudara untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin agar pembangunan di wilayah yang Saudara pimpin berjalan dengan baik. Binalah komunikasi yang harmonis dengan semua pihak, terutama dengan legislatif, yudikatif, TNI-Polri, para ulama, serta elemen masyarakat lainnya," ujar Bustami.

Selain itu, Bustami juga menekankan pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan ketaatan hukum dalam sistem pemerintahan. Ia mengingatkan agar APBK dijalankan tepat waktu dan sistem administrasi tertata dengan baik. Untuk wilayah yang menjadi venue pelaksanaan PON XXI, persiapan harus terus ditingkatkan menjelang pelaksanaan PON. Selain itu, kinerja TPID harus dioptimalkan untuk mengantisipasi inflasi, dan distribusi pangan harus diperhatikan untuk menjaga stabilitas inflasi tahunan.

Dandim 0101/KBA, Kolonel Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), yang ditemui seusai acara, menyampaikan ucapan selamat kepada Pejabat Walikota Banda Aceh yang baru, Ir. Ade Surya, S.T., M.E. "Semoga dalam melaksanakan tugas ke depan diberikan kelancaran dan kesehatan. Saya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan perjuangan Pejabat Walikota Banda Aceh sebelumnya, Bapak Amiruddin, S.E., M.Si., yang telah bersama-sama dengan seluruh unsur Forkopimda Kota Banda Aceh dalam membangun kota Banda Aceh yang kita cintai bersama ke arah yang lebih baik lagi," ujarnya.

Kolonel Czi Widya Wijanarko juga mengucapkan selamat kepada Pejabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP., M.M., yang mendapatkan perpanjangan masa jabatan dari Kemendagri. "Mari sama-sama kita membangun Aceh Besar agar semakin maju dan lebih sejahtera ke depannya," tambahnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini