Doa Bersama dengan Lima Pemuka Agama Awali Peringatan Rangkaian Hari Pengayoman ke-79

Editor: Syarkawi author photo


BANDA ACEH - Doa bersama lintas agama yang dipimpin oleh lima tokoh agama mengawali rangkaian peringatan Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM atau Hari Pengayoman ke 79 Tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari Senin (15/7/2024) pagi.

Doa Bersama Kemenkumham untuk Negeri dan Pembukaan Rangkaian Hari Pengayoman ke 79 ini dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Pimpinan Tinggi Madya, dan sejumlah pejabat penting lainnya dari Graha Pengayoman, Jakarta.

Dalam sambutannya, Yasonna menyampaikan sejarah singkat peringatan hari Lahir Kemenkumham ini. Meskipun beberapa kali sempat berganti tanggal dan nama peringatan, maka hari lahir Kemenkumham dikukuhkan menjadi tanggal 19 Agustus dengan nama Hari Pengayoman.

“Setelah kita periksa dan telusuri sejarah, maka ditetapkanlah Hari Pengayoman pada tanggal 19 Agustus. Upaya yang kita lakukan ini merupakan bagian dari meluruskan dan mengembalikan sejarah,” kata Yasonna.

Layaknya kegembiraan orang yang sedang berulang tahun, Yasonna mengatakan doa bersama ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Sehingga, ia pun mengajak insan pengayoman untuk terus mengayomi dan melindungi masyarakat Indonesia terutama dalam bidang hukum dan HAM.

“Semoga, kita berharap dengan refleksi dan doa bersama ini kita menjadi sebuah institusi besar, maju, dan semakin berprestasi. Dan tentunya semua ini bisa tercapai karena Tuhan yang Maha Kuasa,” sambungnya.

Selain itu, pada momen ini Yasonna mengingatkan jajarannya untuk introspeksi diri dan melihat kembali perjalanan panjang agar menjadi pembelajaran untuk menetapkan tujuan kedepan.

“Mari kita tetapkan resolusi bagi seluruh insan pengayoman untuk aktif mewujudkan visi Indonesia emas, berdaulat, maju, dan makmur,” harapnya.

Kegiatan yang sama diikuti pula secara virtual oleh jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh dari aula Bangsal Garuda. Hadir Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Junarlis berserta sejumlah pejabat Manajerial dan Non Manajerial. Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman dan Kadiv Administrasi Sri Yusfini Yusuf mengikuti secara terpisah.

Tema peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024 adalah “Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”. Seluruh rangkaian kegiatan akan dilaksanakan baik pada Unit Eselon I, Kantor Wilayah, maupun Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan seperti bakti sosial, pelayanan publik, dan sejumlah pertandingan olahraga lainnya. Selain itu akan dilaksanakan pula ziarah taman makam pahlawan, silaturahim sepuh pengayoman, hingga nanti upacara puncak peringatan Hari Pengayoman.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini