DPRA Komisi V, Dinsos Aceh dan Dinsos P3A Bali Bahas Disabilitas

Editor: Syarkawi author photo

 Denpasar, Pulau Dewata, Bali (6 Juli 2024).

Bali - Ketua Komisi V DPRA Fahlevi dari PNA memimpin rombongan Pemerintahan Aceh untuk melaksanakan Konsultasi dan Kunker terkait pemenuhan hak penyandang disabilitas di Denpasar, Pulau Dewata, Bali (6 Juli 2024).

Rombongan dari Aceh tersebut diterima langsung oleh Ibu Dewa Ayu Eka Putri selaku kepala UPT Yanrehsos yang sekaligus Plt. Kabid Rehsos mewakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Provinsi Bali, turut dihadiri oleh beberapa organisasi penyandang disabilitas (Opdis) dan CSO yang berada di Provinsi Bali.

Pertemuan tersebut berlangsung di Aula pertemuan Dinsos Bali di daerah pusat perkantoran Pemprov Bali, di kawasan Renon, Denpasar.

Fahlevi dalam pertemuan tersebut menjelaskan kebijakan dan langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Pemerintah Aceh dalam mewujudkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, menyatakan kalau saat ini DPRA komisi V bersama Dinsosprov Aceh sedang menyusun Rancangan Qanun (Raqan) yang di daerah lain disebut Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Atas dasar itulah pihak DPRA komisi V dan perwakilan Dinsosprov Aceh jauh-jauh datang ke Bali dengan tujuan mendapatkan masukan substansi dan muatan lokal yang berbeda untuk disandingkan dalam penyempurnaan Qanun Disabilitas.

Kadinsos Bali menyambut baik rombongan Aceh dan menyampaikan, Provinsi Bali telah memiliki Perda tentang pemenuhan hak disabilitas dari tahun 2015 dan tahun ini sedang berproses penyusunan Perda Baru untuk menyesuaikan perkembangan terhadap pemenuhan hak disabilitas yang belum terjawab pada Perda sebelumnya.

"Saat ini kami mengandeng dan berkolaborasi terus dengan Opdis dan CSO yang konsen dengan disabilitas seperti HWDI, Komite Daerah Disabilitas dan Puspadi untuk memperkuat dan mengoptimalkan layanan yang kita berikan kepada masyarakat," jelas Kadinsos Bali.

Selanjutnya setelah pertemuan disini, sama- sama kita berkunjung ke tempat lembaga Puspadi merupakan salah satu lembaga yang memfasilitasi alat bantu adaptif, sekaligus pelaksanaan kegiatan terapi bagi disabilitas. "Ungkap Eka Putri"

Isnandar mewakili Kadinsos selaku SKPA teknis yang didampingi langsung oleh Rita dan Nasir sebagai subkoordinator pada bidang rehsos, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali atas penyambutannya sekaligus masukan dan sharing sangat bagus yang berbeda kami dapatkan dengan daerah lain, nantinya kami harapkan dapat menambahkan Khazanah Raqan yang kami susun saat ini.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini