Gaungkan Kesetaraan Gender, DP3AP2KB adakan Sosialisasi PUG dan PPRG

Editor: Syarkawi author photo


Gayo Lues - Untuk meningkatkan kualitas kehidupan perempuan di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui DP3AP2KB adakan sosialisasi untuk seluruh SKPK di Kabupaten Gayo Lues, Selasa (16/07/2024).

Kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan pemberdayaan perempuan kewenangan Kabupaten/Kota yaitu, Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Penerapan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tersebut dilaksanakan di Aula The Legend Hotel Blangkejeren. 

Kadis P3AP2KB Gayo Lues, Sartika Mayasari, SSTP, MA mengatakan, semuanya harus melek perihal kesetaraan gender. Gender bukan melulu tentang perempuan, tetapi bagaimana kita mampu menyetarakan kualitas kehidupan perempuan di masyarakat.

"Terutama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang hari ini, telah kami sampaikan bahwa jumlah perempuan sebagai kepala keluarga itu lebih dari 4000 orang," Ujarnya. 

Tambahnya, karena hal tersebut, mau tidak mau seluruh SKPK di Kabupaten Gayo Lues harus turun tangan untuk mengatasi hal tersebut. 

"Ini bukan hanya tugas pemerintah, mari kita bersinergi dari semua kalangam masyarakat terutama bagi aktivis perempuan, pemerintah Desa, kemudian kelompok-kelompok yang ada, karena apapun cerita, semakin hari jumlah perempuan lebih banyak tentunya hal-hal responsif gender secara inklusif harus diberdayakan," Tutupnya. 

Selain itu, Staff Ahli Bupati Naufal, SP berharap, melalui kegiatan tersebut semuanya dapat lebih responsif terhadap gender.

"Mungkin kita mulai dari kita-kita yang dikantor baru nanti kita terapkan kepada masyarakat," Ujarnya. []

Share:
Komentar

Berita Terkini