Gema shalawat warnai pawai ta'aruf 1 Muharram 1446 Hijriah di Sabang

Editor: Syarkawi author photo

 Gema takbir dan shalawat Nabi Muhammad SAW mewarnai pawai ta'aruf tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, yang digelar Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah.

Sabang - Gema takbir dan shalawat Nabi Muhammad SAW mewarnai pawai ta'aruf tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, yang digelar Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah.

Kegiatan tahunan ini dilepas oleh Pj Wali Kota Sabang yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Sabang, Kamaruddin bersama Forkopimda Kota Sabang, di Depan Kantor Wali Kota Sabang.

Dalam sambutannya, Plh Sekretaris Daerah Kota Sabang, Kamaruddin mengatakan pelaksanaan pawai taaruf ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyemarakkan dan menyebarluaskan syiar Islam dengan mengambil hikmah sekaligus mewarisi semangat tahun baru Hijriah.

"Pawai taaruf merupakan media ukhuwah Islamiyah yang amat efektif bagi Umat Islam di Sabang khususnya bagi para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Nilai positif ini harus senantiasa kita pelihara dan lestarikan dalam setiap jengkal perjalanan waktu," kata Kamaruddin, Sabtu (27/7).

Menurutnya, para peserta pawai sangat antusias memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah. Ini membuktikan bahwa Umat Islam di Sabang mencintai aneka ragam tradisi dan kesenian yang bernafaskan keislaman.

"Alhamdulillah, saya lihat begitu antusiasnya para peserta mengikuti pawai. Semoga suasana kekerabatan yang harmonis ini dapat terus kita jaga dan kita bawa dalam kehidupan keseharian dalam bermasyarakat," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang, Marwan menjelaskan bertema "Dengan Semangat Hijriah Kita Wujudkan Kota Wisata Yang Bermartabat", pawai 1 Muharram tersebut mengambil start di Depan Kantor Wali Kota Sabang dan finish di Arena Taman Wisata Sabang Fair.

"Pawai ini diikuti 38 sekolah se-Kota Sabang dan 3 kelompok drumband. Setidaknya ribuan pelajar berbagai jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTsN, dan SMA/MA, mengikuti Pawai Ta'aruf dalam memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Kota Sabang," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pawai 1 Muharram tahun ini dikonsepkan sesuai tema, dimana para peserta mengkreasikan kostum dan atribut secara syar'i dengan atraksi yang mencerminkan kepribadian Islami.

"Kita berharap bisa mewujudkan kota wisata yang bermartabat, dengan syar'i baik pakaian, makanan, pelayanan dan sebagainya. Dan semoga apa yang dipraktekkan pada hari ini bisa kita terapkan dalam kehidupan. Jadi syar'i itu bukan hanya dipamerkan tetapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini