Kasdam IM Hadiri Asesmen Bakat Minat di SMA Kartika XIV-I Banda Aceh

Editor: Syarkawi author photo

 Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M.

Banda Aceh – Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., menghadiri acara Asesmen Bakat Minat (ABM) di SMA Kartika XIV-I Banda Aceh pada Senin (29/07) pagi. Acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 29 hingga 30 Juli 2024, dan diikuti oleh 31 siswa kelas X.

Brigjen TNI Ayi Supriatna dalam sambutannya menyampaikan bahwa ABM adalah tes yang dirancang untuk mengukur potensi seseorang dan memprediksi kemampuan peserta didik dalam bidang-bidang tertentu berdasarkan ketertarikan mereka. Kegiatan asesmen ini mencakup berbagai aspek seperti verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa, dan klerikal, sementara Asesmen Minat mencakup minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.

"Semua siswa-siswi SMA Kartika XIV-I Banda Aceh harus mempersiapkan diri dengan baik dan semangat dalam mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM). Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek RI atas layanan ABM yang telah diberikan," ujar Kasdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna.

Kepala SMA Kartika XIV-I Banda Aceh, Rita Elisa, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ABM sangat penting dalam mengukur potensi siswa berdasarkan ketertarikan mereka pada bidang keahlian tertentu. “Tujuan kegiatan ABM ini adalah untuk mengetahui bakat dan minat siswa yang difasilitasi oleh pemerintah secara gratis. Tugas sekolah adalah mengarahkan dan memfasilitasi kegiatan tersebut,” kata Rita.

Setelah hasil asesmen diumumkan, pihak sekolah akan memberikan arahan kepada siswa dan orang tua terkait hasil ABM tersebut. Guru dan orang tua diharapkan dapat membantu menyalurkan bakat anak sesuai dengan hasil asesmen. “Sekolah juga akan memberikan arahan dan masukan bagi siswa kelas X untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat mereka ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas,” tambah Rita.

ABM tersebut dilaksanakan oleh Tim Dukungan IT Bidang GTK Dinas Pendidikan Aceh melalui aplikasi Meutuwah Nanggroe. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Martunis, S.T., D.E.A., yang diwakili oleh Kabid Sapras, Syahbaniar, Kepala Cabang Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd., para dewan guru, dan para siswa-siswi SMA Kartika XIV-I Banda Aceh. []

Share:
Komentar

Berita Terkini