Komitmen Kanwil Aceh Usai Simak Arahan Sekjen Kemenkumham Saat Buka Rakordal Program Dukman 2024

Editor: Syarkawi author photo


JAKARTA – Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh berkomitmen untuk ambil bagian dalam meningkatkan indeks reformasi birokrasi Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2024.

“Harus menjadi komitmen kita dan semua harus terlibat untuk ambil bagian, berperan aktif untuk meningkatkan indeks RB tahun ini. Semua arahan dan catatan yang telah disampaikan Bapak Sekjen tadi akan kita perbaiki dan tindak lanjuti,” kata Meurah Budiman, Kakanwil Kemenkumham Aceh Selasa (16/7/2024) di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.

Hal itu diungkapkannya usai mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Program Dukungan Manajemen tahun 2024. Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Andap menyampaikan sejumlah arahan penting kepada seluruh jajaran Kemenkumham baik pada Unit Eselon I maupun Kantor Wilayah. Pada kesempatan itu, Ia mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly kepada seluruh Pimti Madya dan Pimti Pratama Kemenkumham.

“Presiden menyampaikan soal efektivitas dan efisiensi birokrasi. Apa yang kita kerjakan itu harus berorientasi pada hasil. Berdampak ke masyarakat, pengentasan kemisikinan, pendidikan, kesehatan, pengendalian laju inflasi, stunting, dan menurunkan tingkat pengangguran, dan kemiskinan ekstrem,” sebut Andap.

Andap juga menjelaskan soal siklus manajemen kinerja yaitu perencanaan, implementasi, monitoring pelaksanaan, evaluasi, hingga tindak lanjut. Menurutnya, siklus yang meliputi monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas tata kelola organisasi atas hasil yang dilakukan.

“Dan ini penting untuk menghitung dampak yang sedang berjalan maupun yang akan datang,” lanjutnya.

Disamping itu, Ia juga menekankan bahwa hakikat dari reformasi birokrasi adalah pelayanan masyarakat. Sehingga Andap berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik agar nantinya mendapatkan pemahaman yang utuh untuk disampaikan kepada jajaran di daerah masing-masing.

“Pemahaman ini, semangat reformasi birokrasi ini, harus ditularkan dan disampaikan kepada jajaran anda. Ikuti dengan baik kegiatan ini agar mendapatkan pemahaman yang utuh untuk disampaikan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penandatanganan kerja sama antara Kemenkumham dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Selain itu, Kemenkumham juga meluncurkan aplikasi baru yaitu aplikasi e-SOP dan Si-SDM.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Pimti Madya Unit Eselon I, Pimti Pratama pada Unit Eselon I dan Kantor Wilayah, serta sejumlah tamu penting lainnya. Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman dan Kadiv Administrasi Sri Yusfini Yusuf pun hadir langsung pada kegiatan yang akan digelar sampai 19 Juli mendatang.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini