Pemerintah Aceh Peringati Hari Koperasi Nasional ke 77, Koperasi Sebagai Ekosistem Ekonomi

Editor: Syarkawi author photo

 

Banda Aceh - Pemerintah Aceh menggelar upacara peringatan Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-77 Tahun 2024. Upacara dipimpin langsung Pj. Gubernur Aceh, Bustami di halaman kantor Gubernur. Selasa, 16 Juli 2024.

Peringatan hari koperasi itu, dihadiri Kadinsos Aceh yang diwakili Sekretaris, Devi Riansyah, A.KS, M.Si besera sejumlah kepala SKPA dan unsur Muspida.

Pj. Gubernur Aceh, Bustami menyebutkan, tahun ini peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) mengusung tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”.

Tema ini kata Bustami diambil untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045. Selain itu dijelaskan bahwa bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah. Mulai dari krisis ekonomi, pangan, energi, iklim dan bahkan krisis geopolitik yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan.

Pada peringatan 77 Tahun Hari Koperasi kali ini, menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di Tanah Air semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap, ujarnya.

Ia mengungkapkan, hari ini pendapatan perkapita rakyat kita diperkirakan baru sekitar US$ 4.919 (2023). Untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan per 3 kapita ini harus bisa naik setidaknya 5 kali lipat.

Peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh: dari Usaha Mikro ke Usaha kecil; Usaha Kecil ke Usaha Menengah; dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional, tutup Bustami usai membacakan naskah sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini