Pemerintah Kabupaten Simeulue Meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah adakan Lomba Pawai Ta'aruf Akbar

Editor: Syarkawi author photo


Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Simeulue, Syafrinudin, S.H., M.H. angat Bendera Pada Lomba Pawai Ta'aruf  dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang jatuh pada 7 Juli 2024 di Mesjid Baiturahaman Sinabang(foto:zul)

SIMEULUEPemerintah Kabupaten Simeulue mengucapkan selamat memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang jatuh pada 7 Juli 2024. Dalam rangka memperingati momen bersejarah ini, Pemerintah Kabupaten Simeulue menyelenggarakan Pawai Ta'aruf Akbar yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Mulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh instansi pada SKPK dan SKPD, TNI, Polri, pelajar dari tingkat SD hingga SMA sederajat, hingga masyarakat umum dan LSM yang berada di Kabupaten Simeulue turut serta dalam pawai tersebut. Sinabang, 7 Juli 2024

Pawai Akbar ini dimulai dari Masjid Baiturrahman Kota Sinabang dan berakhir di Lapangan Pendopo Simeulue. Acara ini ditandai dengan pengibaran bendera pawai 1 Muharram oleh Bupati Simeulue yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Simeulue, Syafrinudin, S.H., M.H. didampingi oleh Asisten II, Dedi Arisma, S.E., Kepala Dinas Syariat Islam, Dandim 0115 Simeulue, Danlanal Simeulue, Kapolres Simeulue, serta unsur Forkopimda lainnya.

Sebelum pelepasan peserta pawai, Syafrinudin memberikan semangat dan motivasi kepada peserta agar tetap menjaga keimanan serta kerukunan dalam menjalankan syariat Islam. Ia juga mengingatkan bahwa saudara-saudara kita di Palestina memerlukan bantuan dan do'a dari seluruh umat Muslim untuk mencapai kemerdekaan. "Meski cuaca hujan, semangat kita tidak boleh surut. Kita harus tetap berjuang untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan," ujar Syafrinudin sambil membakar semangat peserta dengan lantunan takbir dan salawat sembari berjalan menuju Lapangan Pendopo.

Instansi Peserta Lomba Pawai Ta'aruf dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang jatuh pada 7 Juli 2024 di Mesjid Baiturahaman Sinabang.

Pawai Akbar ini tidak hanya menonjolkan semangat kebersamaan, tetapi juga menampilkan berbagai atraksi budaya dan religius dari setiap peserta. Para peserta pawai tampil dengan beragam busana tradisional dan membawa spanduk-spanduk yang mengusung pesan-pesan moral dan religius. Tidak hanya itu, berbagai kelompok kesenian turut memeriahkan pawai dengan penampilan musik tradisional dari tim marching band Simeulue yang menggambarkan keberagaman budaya di Kabupaten Simeulue.

Sesampainya di Lapangan Pendopo, peserta pawai disambut dengan hadiah untuk kelompok dan tim terbaik serta doorprize yang akan diundi di akhir acara. Hadiah-hadiah tersebut diserahkan langsung oleh para kepala SKPK dan Forkopimda yang hadir pada acara tersebut.

Unsur Forkopimda Foto Bersama Dengan penerima hadia Lomba Pawai Ta'aruf  dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang jatuh pada 7 Juli 2024 di Mesjid Baiturahaman Sinabang.

Bupati Simeulue dalam sambutannya yang disampaikan oleh Syafrinudin juga menyatakan, “Perayaan ini bukan hanya sekadar pawai, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman yang ada di Kabupaten Simeulue. Mari kita jadikan Tahun Baru Islam ini sebagai awal yang baik untuk bersama-sama membangun kabupaten yang lebih maju dan sejahtera.”

Dengan semangat kebersamaan dan religiusitas yang tinggi, Pawai Akbar memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang terus mempererat tali silaturahmi dan memupuk rasa solidaritas di antara masyarakat Kabupaten Simeulue.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini