Pj Bunda Paud Aceh Barat, MPLS Harus Menyenangkan

Editor: Syarkawi author photo

 

MEULABOH - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Aceh Barat berlangsuang menyenangkan.

Penjabat (Pj) Bunda Paud Aceh Barat Radhiah, S.Pd menyampaikan rasa syukurnya, "Alhamdulillah, dari sejumlah sekolah yang telah dikunjungi, pelaksanaan MPLS berlangsung lancar dan menyenangkan, ujarnya kepada media ini Kamis (18/07/2024)

Radhiah menitipkan pesan kepada Pendidik di satuan pendidikan untuk memastikan tidak ada proses pemaksaan pembelajaran bagi Peserta didik baru, dan seluruh rangkaian kegiatan MPLS harus berlangsung menyenangkan dan memberi kesan yang baik bagi anak-anak Peserta didik."

Sebut Radhiah, MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang merupakan kegiatan pertama bagi Peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah, terangnya

Sedangkan Untuk jenjang satuan pendidikan PAUD dan SD, pemerintah telah meluncurkan episode Merdeka Belajar: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Proses transisi yang merupakan rangkaian dari MPLS ini dilakukan secara intensif selama dua minggu awal sekolah, tambah nya.

Rangkaian dari Transisi PAUD ke SD Menyenangkan adalah memastikan bahwa sekolah jenjang PAUD dan SD menerapkan enam pondasi dasar pada anak saat belajar, yaitu:
1. Mengenal nilai agama dan budi pekerti.
2. Keterampilan sosial dan bahasa.
3. Kematangan emosi.
4. Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar.
5. Keterampilan motorik dan perawatan diri.
6. Pemaknaan terhadap belajar positif.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sebagai wujud komitmen Bunda PAUD Kabupaten Aceh Barat untuk memastikan pelaksanaan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan, Radhiah didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD, Ketua Pokja I PKK, serta unsur dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah di Kabupaten Aceh Barat.

Dikatakanya, Pada kunjungan hari Selasa, tim mengunjungi tiga sekolah yaitu TK Percontohan, TK Negeri 1, dan SD 2. Pada hari sebelumnya, tim juga melakukan kunjungan ke tiga sekolah lainnya yaitu MIN 8, SD IT, dan SD 18.

Pj Bunda PAUD ini juga menitipkan pesan kepada orang tua Peserta didik, "Agar dapat membiarkan anak-anak bertumbuh sesuai fitrahnya dan jangan memberi jam belajar tambahan atau les bagi peserta didik PAUD dan peserta didik SD kelas awal." tandasnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini