Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Peresmian 2.664 Titik Air se-Indonesia secara Vidcom Bersama Pangdam IM

Editor: Syarkawi author photo

 Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menghadiri vicom peresmian 2.664 titik air di seluruh wilayah Indonesia, di Gampong Mon Ikeun Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Selasa (30/7/2024).

KOTA JANTHO - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, menghadiri peresmian 2.664 titik air di seluruh wilayah Indonesia oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc secara vidcom. Kegiatan di Lhoknga Yang dipimpin oleh Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Niko Fahrizal, M.Tr.(Han), turut mendampingi Kasdam IM, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0101/ Kota Banda Aceh (KBA), Kolonel Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), dan Wakapolres Aceh Besar Kompol Rustam Nawawi S.I.K, tersebut berlangsung di Gampong (red-desa) Mon Ikeun Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Selasa (30/7/2024).

Tidak hanya itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto turut menyerahkan paket sembako secara simbolis yang telah disiapkan oleh Kodim 0101/KBA sebanyak 32 paket untuk masyarakat setempat.

Kegiatan utama yang dipusatkan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini merupakan kerjasama antara TNI dan PT Pertamina (Persero). Selain peresmian 2.664 titik sumur bor di seluruh Indonesia, acara ini juga menandai peletakan batu pertama untuk pembangunan 50 Rumah hasil kerjasama TNI AD dan PT Pertamina (Persero).

Selanjutnya, kegiatan ini juga mencakup peluncuran pekerjaan pengeboran sumur bor dan penanaman jagung seluas 2 hektar, serta panen bawang. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menegaskan komitmen TNI AD untuk terus melanjutkan kegiatan bersama masyarakat dengan dukungan dari Pertamina. "Alhamdulillah, kita sekarang juga mendapat dukungan dari Pertamina," ujar Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc.

Ia menyebutkan, pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai pusat peresmian tidaklah tanpa alasan. NTT merupakan daerah pertama yang menginisiasi program untuk mempermudah akses air bersih bagi masyarakat. "Saya harap para Pangdam se-Indonesia dapat bekerjasama dengan berbagai instansi lainnya guna mendukung program air bersih tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyampaikan bahwa perusahaan memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung kegiatan sosial semacam ini sebagai bagian dari tanggung jawab mereka sebagai perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Komitmen kita sebagai perusahaan di bawah BUMN adalah untuk mensupport kegiatan seperti ini," kata Nicke Widyawati.

Selain itu, Pangdam IM, Mayjen TNI Niko Fahrizal, M.Tr.(Han), menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam Program TNI AD Manunggal Air. "Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik," ujarnya.

Program TNI AD Manunggal Air 2024 meresmikan 2.664 sumber air di seluruh Indonesia, dengan acara pusat di Korem 161/Wira Sakti oleh Kasad. "Diharapkan peresmian ini dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Program ini menunjukkan kepedulian TNI AD, khususnya Kodam Iskandar Muda, terhadap kesulitan masyarakat. "TNI akan selalu hadir di tengah rakyat untuk memberikan yang terbaik," kata Mayjen Niko.

Dengan program ini, masyarakat di Aceh diharapkan dapat menikmati akses air bersih dengan lebih mudah. "Semoga program ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutupnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mereka.

Ikut mendampingi Pj Bupati Iswanto dalam kegiatan tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, serta Forkopimcam Lhoknga.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini