Pj Bupati dan Bunda PAUD Aceh Besar Harap Transisi PAUD ke SD Harus Menyenangkan

Editor: Syarkawi author photo

 Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM didampingi Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM menyapa para siswa pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 1 Lamcot, Darul Imarah, Kamis (18/07/2024).

KOTA JANTHO - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP. MM, meninjau penerapan program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2024-2025 di SDN 1 Lamcot Kecamatan Darul Imarah dan SDN Lamsayuen Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, Kamis (18/07/2024).

Kunjungan orang nomor satu di Aceh Besar tersebut mendapat sambutan yang meriah, karena terlihat para murid baru itu tampak antusias untuk bisa bersalaman dengan Pj Bupati dan Bunda PAUD Aceh Besar tersebut. Keduanya dengan aura kebapakan dan keibuan yang kental balik menyambut salam hangat anak anak tersebut.

Pj Bupati Iswanto mengaku bangga dengan semangat para murid yang sedang mengikuti Masa Pengenalan lingkungan Sekolah yang digelar oleh Sekolah Dasar selama 2 (dua) minggu tahun ajaran baru 2024-2025. "Hari ini saya ingin menyaksikan langsung bagaimana para siswa penuh semangat mengikuti pengenalan lingkungan sekolah yang baru, tentunya dengan dipandu dan diberikan sosialisasi oleh para guru-guru," katanya.

Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM menyapa para siswa pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN 1 Lamcot, Darul Imarah, Kamis (18/07/2024).

Dengan pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang riang dan gembira, Cut Rezky mengatakan saat ini merupakan masa transisi anak-anak dari sebelumnya belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang lebih banyak bermain, sedangkan sebantar lagi akan mengikuti pembelajaran dengan kurikulum baru, ada mata pelajaran dan sebagainya. Maka pada masa transisi ini, harus dibawa dengan suasana yang gembira dan menyenangkan. "Masa transisi ini sangat menentukan bagi siswa yang akan menggeluti proses pendidikan dan suasana lingkungan baru, maka harus dilakukan dengan suasana yang menyenangkan," harapnya.

Selain itu, Ia juga mengemukakan pentingnya pelaksanaan MPLS, karena bertujuan untuk untuk pengenalan lingkungan, program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar di sekolah tersebut, penanaman konsep pengenalan diri siswa, serta pembinaan enam pondasi penting di awal sekolah. " Saya lihat anak-anak di sini sangat gembira mengikuti MPLS, mudah-mudahan menjadi awal yang baik untuk semangat belajar hingga usai sekolah di sini," ujarnya.

MPLS sangat penting dilakukan, karena memiliki manfaat dapat membangun kekompakan dan kebersamaan, memahami kultur dan nilai sekolah, memperkenalkan sarana dan prasarana sekolah, memberikan informasi kepada orang tua dan MPLS juga menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan informasi penting terkait kebijakan sekolah, program pendidikan, dan acara-acara yang akan diadakan selama setahun.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini