Pj Bupati Salurkan Secara Simbolis Zakat Senif Fakir dan Miskin Tahun 2024 sejumlah 6,7 Miliar

Editor: Syarkawi author photo

 

MEULABOH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Baitul Mal mulai menyalurkan zakat untuk senif fakir dan miskin kepada 13.576 orang penerima yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. Total anggaran yang disalurkan sebesar Rp. 6.772.850.000,- (Enam miliar tujuh ratus tujuh puluh dua juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah).

Pj. Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, hadir langsung dan menyerahkan secara simbolis santunan zakat senif fakir dan miskin pada hari pertama penyaluran di Kecamatan Sungai Mas. Acara tersebut diadakan di lokasi Pasar Kecamatan Sungai Mas di Desa Kajeung, Rabu (17/07/2024) Jumlah zakat yang disalurkan untuk Kecamatan Sungai Mas sebesar Rp. 329.400.000,- (Tiga ratus dua puluh sembilan juta empat ratus ribu rupiah) dengan jumlah penerima 666 (Enam ratus enam puluh enam) orang.

Mahdi menyampaikan bahwa pemerintah terus berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk mengurangi angka kemiskinan dan penurunan angka stunting. Ikhtiar ini membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak, termasuk melalui pengumpulan dan penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat, ujarnya

“kami terus mengajak kepada seluruh pengusaha, perusahaan, dan perbankan yang berada di Aceh Barat agar dapat menyalurkan zakat karyawan dan perusahaan melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat supaya dana zakat yang terkumpul nantinya akan dapat dirasakan manfaatnya oleh mustahik yang berada di Kabupaten Aceh Barat,” ungkap Mahdi.

Pj. Bupati ini mengapresiasi Baitul Mal yang konsisten menjaga amanah masyarakat dalam upayanya menyalurkan zakat, infak, dan sedekah. ia berpesan agar Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat harus mampu mengelola zakat yang diterima dengan baik agar dapat menjaga kepercayaan masyarakat melalui pengelolaan dana zakat secara transparan dan terbuka, memberikan pelayanan terbaik, serta memastikan bahwa setiap dana zakat yang disalurkan tepat sasaran serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Mahdi menambahkan bahwa kegiatan penyaluran zakat, infak, dan sedekah tahun 2024 yang dilaksanakan perdana di Kecamatan Sungai Mas merupakan bentuk nyata dari kepedulian terhadap sesama, mengurangi kesenjangan sosial, pengentasan kemiskinan ekstrem, serta wujud penerapan ajaran Islam dalam membangun kebersamaan dan keadilan masyarakat. Kepada masyarakat yang menerima zakat pada hari ini, beliau berpesan agar dana zakat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kebutuhan pokok rumah tangga dan pemenuhan kebutuhan anak dalam bersekolah.

Sedangkan Ketua Badan Baitul Mal Aceh Barat, Sofyan Yusuf, menghimbau semua pengusaha yang ada di Kecamatan Sungai Mas yang telah mencapai nishab hartanya agar menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh Barat.

Dengan semakin meningkatnya penerimaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di Kabupaten Aceh Barat, maka semakin meningkat pula kuota dan besaran zakat yang dapat kami salurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya di setiap gampong dalam Kabupaten Aceh Barat,” ujar Sofyan Yusuf dalam sambutannya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para muzakki yang telah mempercayakan dan menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat.

Dalam kesempatan ini, turut hadir mendampingi Pj. Bupati Aceh Barat, Dandim 0105 Aceh Barat, Kapolsek Sungai Mas, Danramil Sungai Mas, Ketua MPU Sungai Mas, Ketua MAA Sungai Mas, Bapak Mukim dan Keuchik dalam Kecamatan Sungai Mas, anggota Badan Baitul Mal, Kepala Sekretariat, Kasubbag, dan staf Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini