Polres Aceh Selatan Nonton Bareng pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Tumurune Wiji Sejati

Editor: Syarkawi author photo

 Aceh Selatan – Bertempat di Aula Presisi, Personil Polres Aceh Selatan Polda Aceh nonton bareng (nobar) pergelaran wayang kulit melalui live Streaming yang diselenggarakan oleh Mabes Polri di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78,  Sabtu, 6 Juli 2024.

Pagelaran Wayang kulit ini diselenggarakan serentak pada Jumat 5 Juli 2024 mulai pukul 20.00 wib sampai selesai, dengan mengambil lakon “Tumurune Wiji Sejati”.

Pada kegiatan ini selain Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Acara ini juga dihadiri Panglima TNI Jendral TNI Agus Subiyanto dan Pejabat Utama Mabes Polri, serta kementrian dan lembaga terkait.

Selain dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78 , pagelaran Wayang kulit ini juga sebagai bentuk pelestarian Budaya Bangsa Indonesia.Disamping itu Acara ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mempererat hubungan antara anggota kepolisian dengan masyarakat.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto melalui Wakapolres Kompol Edwin Aldro, S.H.,M.H.,menyampaikan bahwa “Wayang kulit adalah warisan budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat dan kita semua mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita wayang,” ujarnya.

Lakon “Tumurune Wiji Sejati” yang dipentaskan dalam pergelaran wayang kulit ini menceritakan tentang Lahirnya kesatria sejati yang cerdas dan sakti yakni Raden Wisanggeni.Pada lakon ini mengandung pesan moral yang mendalam tentang perjuangan dalam menegakkan kebenaran,kejujuran, dan keadilan. Diharapkan, pesan-pesan ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita sebagai anggota Polri dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan nilai-nilai budaya Indonesia dapat terus terjaga dan diwariskan kepada generasi mendatang, serta memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di tengah masyarakat.

Hadir dalam giat nonton bareng pagelaran Wayang kulit ini Wakapolres, PJU, Para Kapolsek dan Perwira staf.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini