Polsek Labuhanhaji lakukan Patroli Gabungan Dalam rangka cegah Karhutla

Editor: Syarkawi author photo

Aceh Selatan  – Dalam mengahadapi musim kemarau dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kecamatan Labuhanhaji, Kapolsek Labuhanhaji Polres Aceh Selatan Polda Aceh Ipda Sabda Man Sobri bersama Personilnya dan Personil Koramil serta Anggota Dinas Damkar melaksanakan kegiatan Patroli bersama, Sabtu (27/07/2024).

Kegiatan patroli bersama tersebut terkait dengan kesiapan menghadapi musim kemarau dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, S.I.K., melalui Kapolsek mengatakan patroli gabungan Karhutla ini bertujuan untuk pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Labuhanhaji.

Sebelum patroli dilakukan terlebih dahulu diadakan Apel untuk menyampaikan sasaran patroli dan cara bertindak. Sasaran penindakan yakni pelaku pembakaran hutan dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar apapun di kawasan hutan.

“Patroli sinergitas kita gelar untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak terjadi pembalakan liar, serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” jelas Ipda Sabda Man Sobri.

Ditambahkan, selain patroli, petugas juga menyampaikan imbauan kepada warga, terutama warga di sekitar hutan untuk dapat ikut serta menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

“Kami mengajak masyarakat yang bermukim di sekitar hutan untuk ikut peduli bahwa hutan harus selalu kita jaga, karena jika terjadi pembalakan hutan dan hutan jadi gundul, tentunya rawan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor,” Tambah Sabda.

Karhutla masih menjadi masalah bagi semua kalangan mengingat dampaknya yang merugikan banyak pihak dan menimbulkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut serta merusak ekosistem.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan hutan sembarangan demi menjaga keasrian lingkungan hutan dan sekitarnya,” pesan Kapolsek.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini