Program Senin Belajar: Sat Lantas Sosialisasikan Persiapan Operasi Patuh Seulawah 2024

Editor: Syarkawi author photo

 Aceh Selatan – Setelah melaksanakan apel pagi Senin, Polres Aceh Selatan Polda Aceh melanjutkan dengan kegiatan Program Senin Belajar. Pada kesempatan kali ini, giliran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Aceh Selatan yang memberikan sosialisasi terkait persiapan jelang Operasi Patuh Seulawah 2024 dan sosialisasi penerapan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh personel dan masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan lalu lintas guna mencegah kecelakaan di jalan raya, Senin, 8 Juli 2024.

Kasat Lantas AKP Syahril,S.H.,M.M, melalui Aiptu Sumitra memimpin sosialisasi dengan menyampaikan berbagai informasi penting terkait Operasi Patuh Seulawah 2024 yang akan segera dilaksanakan. Dalam sosialisasinya, Sumitra menekankan beberapa poin utama yang menjadi fokus dalam operasi tersebut, Seperti penggunaan helm SNI, melawan arus, penggunaan HP saat mengemudi, penggunaan Sabuk Pengaman, dan pelanggaran Lalu Lintas Lainnya serta memastikan bahwa seluruh pemohon SIM tidak hanya memenuhi syarat administrasi, tetapi juga memiliki jaminan kesehatan melalui JKN.

Untuk diketahui bahwa mulai sekarang tanda bukti kepesertaan aktif dalam program Jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan syarat administrasi penerbitan SIM ,sebagaimana diatur dalam pasal 9 Ayat 1 Huruf a angka 5a perpol No 2 th 2023 ttg perubahan atas perpol no 5 th 2021 tg penerbitan dan penandaan surat izin mengemudi.

“Operasi Patuh Seulawah 2024 bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Kami berharap seluruh masyarakat dapat memahami dan mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujar Sumitra.

Kegiatan Senin belajar ini diikuti oleh seluruh personel Polres Aceh Selatan yang dengan antusias mendengarkan paparan dari Sat Lantas. Mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan di tengah masyarakat dengan turut mensosialisasikan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto melalui Kasi Humas AKP Adam Sugiarto, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Senin Belajar ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran seluruh personel Polres Aceh Selatan dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan di wilayah Aceh Selatan. Melalui Program Senin Belajar, kami berharap seluruh personel dapat lebih memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam tugas sehari-hari,” ujar Adam.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan personel Polri bersama masyarakat Aceh Selatan dapat lebih disiplin dalam berlalu lintas dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Polres Aceh Selatan akan terus berupaya memberikan edukasi dan sosialisasi demi terciptanya keamanan dan keselamatan di jalan raya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini