Seluruh Stake Holder Sepakat Tingkatkan Layanan Pelabuhan Balohan jelang PON 2024

Editor: Syarkawi author photo

 Kota Sabang menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Menyambut pelaksanaan agenda nasional itu, seluruh stakeholder sepakat terus meningkatkan layanan Pelabuhan Balohan.

Sabang - Kota Sabang menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Menyambut pelaksanaan agenda nasional itu, seluruh stakeholder sepakat terus meningkatkan layanan Pelabuhan Balohan.

Hal itu diutarakan stakeholder terkait pada rapat Peningkatan Pelayanan Penyeberangan Lintas Balohan-Ulee Lheue yang dipimpin oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi secara daring.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh otoritas pelabuhan dan pihak-pihak terkait lainnya, seperti jajaran Pemko Sabang, Dishub Aceh, ASDP, BPKS, serta Dishub Kota Sabang.

Pj Wali Kota Sabang mengatakan hal penting yang menjadi pembahasan salah satunya adalah memastikan ketersediaan kapal pada pelaksanaan PON, mengingat salah satu kapal penyeberangan yakni KMP BRR tengah diperbaiki saat ini.

"Perbaikan kapal di estimasikan pertengahan Agustus sudah dapat beroperasi kembali. Namun demikian, perlu di bahas lebih lanjut oleh Dishub Aceh dan ASDP, mengenai langkah antisipasi kalau ada kemungkinan buruk yang terjadi, misalnya kerusakan kapal yang hari ini hanya ada satu kapal yang beroperasi setiap hari. Dan perlu juga disampaikan kepada pak gubernur," jelasnya, Rabu (10/7) sore.

Lebih lanjut dikatakan, peningkatan fasilitas kapal seperti penggunaan gangway atau pintu untuk jalur penumpang, dirasa perlu ditambahkan untuk memudahkan akses keluar-masuk kapal. Terutama ketika menghadapi lonjakan penumpang pada musim libur atau hari-hari tertentu, termasuk pada saat penyelenggaraan PON berlangsung.

"Terkait peningkatan fasilitas kapal, bukan hanya gangway, kami harapkan dalam hal ini BPKS khususnya di Balohan dapat membahas lebih lanjut secara detail, baik dengan pihak kapal maupun dengan pemilik aset kapal dan juga dengan pihak-pihak berwenang lainnya," kata Reza Fahlevi.

Pj Wali Kota Sabang menilai, pembahasan secara rinci perlu dilakukan agar apa yang dikerjakan nantinya dapat menjadi solusi. Sehingga seluruh pekerjaan bisa dilakukan dan selesai dengan baik, tanpa menimbulkan masalah baru yang tidak diinginkan.

"Dari segi pelayanan, pihak Dishub Aceh mulai melakukan peningkatan fasilitas di Ulee Lheue, demikian juga halnya di Balohan, akan ada penambahan materi-materi promosi yang ramah untuk menyambut para tamu-tamu dari PON maupun tamu lainnya yang akan melakukan perjalanan dari Ulee Lheue ke Balohan," terangnya.

Selain itu, menurutnya dalam mengantisipasi jumlah tamu yang meningkat pada pelaksanaan PON 2024, diperlukan tambahan personel dari Dishub Aceh di Pelabuhan Balohan Sabang.

"Perlu adanya backup personel. Ini menjadi wewenang kita bersama" tutupnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini