Siswa Berprestasi SMKN 4 Lhokseumawe, Ahmad Habi, Berkesempatan Prakerin di BBPPMPV BMTI Bandung

Editor: Syarkawi author photo

 Siswa Berprestasi SMKN 4 Lhokseumawe, Ahmad Habi bersama guru dan Kepala Program Studi Energi Terbarukan.

Lhokseumawe - Ahmad Habi, salah satu siswa berprestasi dari SMKN 4 Lhokseumawe, mendapatkan kesempatan berharga untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) Bandung, Jawa Barat. Lhokseumawe, 10 Juli 2024.

Ahmad, yang saat ini berada di kelas XII jurusan Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin, akan menjalani program ini selama tiga bulan, mulai dari 2 Juli hingga akhir September 2024

Kepala SMKN 4 Lhokseumawe, Husaini Is, S.Pd., MM, menegaskan pentingnya memperkuat kompetensi siswa di dunia kerja yang nyata, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga ditingkat nasional.

"Kompetensi Energi Terbarukan sangat potensial, dan jurusan ini adalah satu-satunya di Aceh yang ada di SMKN 4 Lhokseumawe," ujar Husaini Is.

Ahmad Habi diantar langsung oleh guru dan Kepala Program Studi Energi Terbarukan SMKN 4 Lhokseumawe, Faisal, ST., M.Sc, pada 1 Juli 2024.

Perjalanan dimulai dari Bandara Kualanamu Medan, transit di Jakarta, dan dilanjutkan dengan travel menuju BBPPMPV BMTI di Cimahi, Bandung.

"Pengiriman siswa prakerin ke luar daerah ini didukung penuh oleh pihak sekolah dan cabang dinas pendidikan Aceh," ujar Husaini.

BBPPMPV BMTI Bandung dipilih sebagai tempat prakerin karena memiliki sarana pelatihan bidang energi terbarukan yang paling lengkap di Indonesia.

Ahmad Habi akan bergabung dengan 60 siswa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Aceh. ujar Faisal.

Faisal, ST., M.Sc, selaku guru pembimbing sekolah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt. Pimpinan BBPPMPV BMTI Bandung, Wanto, M.Eng, serta Kaprodi Departemen Teknik Energi Terbarukan dan Sains, Ujang Ahmad Subandi, dan segenap instruktur BMTI atas penerimaan Ahmad Habi.

"Ucapkan terima kasih atas perhatian manajemen BMTI yang menyediakan tempat tinggal bagi Ahmad di lingkungan mesjid BMTI, sehingga dapat menghemat biaya sewa rumah," ujar Faisal.

Ahmad Habi, meski berasal dari keluarga dengan penghasilan rendah, namum memiliki mimpi besar untuk terus berprestasi.

"Dengan tabungan dan beasiswa yang dikumpulkannya, Ahmad berhasil mengurangi beban orangtuanya untuk ongkos keberangkatan ke Bandung. Kini, Ahmad memiliki kesempatan untuk terus mengasah bakatnya di bidang energi terbarukan di BBPPMPV BMTI Bandung, dan menjadi kebanggaan keluarga serta sekolahnya. [*]

Share:
Komentar

Berita Terkini