Wakili Pj Bupati, Kadisdik Dayah Aceh Besar Resmikan PJU-TS di Dayah Al Muhajirin

Editor: Syarkawi author photo

 Kadis Pendidikan Dayah Abu Bakar S.Ag memotong pita tanda Peresmian dan Serah Terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU - TS) di Dayah Al Muhajirin, Gampong Babah Jurong, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Senin (01/07/2024).

KOTA JANTHO - Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar Abu Bakar S.Ag memotong pita pertanda diresmikannya lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Dayah Al Muhajirin Aceh, Bakoy, Gampong Babah Jurong, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Senin (1/7/2024).

Pada kesempatan itu Kadis Dayah Aceh Besar Abu Bakar atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jajaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu daerah dan lokasi dibangunnya infrastruktur PJU-TS, sehingga dilaksanakan peresmian penggunaannya pada hari ini.

"Tentunya Pemerintah Aceh Besar sangat mendukung segala kegiatan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Aceh Besar. Terlebih pada program yang bermanfaat seperti ini," ujar Abu Bakar saat membaca sambutan Pj Bupati Aceh Besar.

Abu Bakar menambahkan kehadiran Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Aceh Besar.

"Sehingga dengan adanya Penerangan Jalan Umum ini akan mampu berkontribusi dalam pengembangan ekonomi masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Abu Bakar mengatakan, tentunya juga, ini merupakan program yang sangat positif demi Pembangunan Kabupaten Aceh Besar khususnya. Oleh karena itu, atas nama Pemkab Aceh Besar dirinya mendukung penuh pelaksanaan program yang sangat baik ini.

"Hal  ini menjadi salah satu Langkah yang mampu memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan Kabupaten Aceh Besar," ujarnya.

"Kami berharap kepada Masyarakat Kabupaten Aceh Besar sebagai penerima manfaat program ini untuk dapat memelihara dengan baik PJU-TS yang telah dibangun ini sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang," harapnya.

Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Andriah Febri Misna mengatakan pemasangan PJU-TS ini menggunakan APBN tahun anggaran 2023 melalui aspirasi dari anggota Komisi VII DPRI.

"Kami dari ESDM tentunya akan berupaya meningkatkan energi positif atau energi bersih bagi masyarakat baik itu melalui aspirasi DPR maupun melalui kementerian," ujarnya.

Febri mengatakan, Pemerintah komit dan berupaya untuk memberikan energi matahari atau yang dikenal energi surya ini sebagai transisi dari energi karbon atau gas menjadi energi hidrogen kepada masyarakat.

"Sehingga dengan menggunakan energi hidrogen ini akan menghemat energi gas, energi karbon dan energi listrik atau kita sebutkan energi fosil," katanya.

Febri mengatakan pada tahun 2023 Kementerian ESDM telah memasang 23.056 unit lampu atau sepanjang 1.152 km penerangan sepanjang jalan diseluruh Indonesia.

"Dan di dayah ini ada 25 lampu yang kami pasangkan dengan waktu pemiliharaannya selama 1 tahun dan garansi 2 tahun," sebutnya.

"Dan kami berharap agar PJU-TS yang telah dipasang ini dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih lama," tambahnya.

Anggota DPRI Komisi VII Drs. H. Anwar Idris mengatakan pemasangan lampu PJU-TS ini merupakan aspirasinya yang pertama di Aceh Besar, dan menurutnya ada 380 unit lampu PJU-TS yang sudah dipasangkan di Aceh menggunakan aspirasinya.

"Ada 380 unit lampu yang sudah kami pasangkan yang terdiri 255 unit di Masjid dan 125 unit di dayah seluruh Aceh, semoga aspirasi kami ini dapat bermanfaat untuk kemaslahatan ummat dan tolong dijaga dengan baik," pesannya.

Sementara itu Pimpinan Pesantren Al Muhajirin Muhammad Faisal Amin mengucapkan terimakasih kepada Komisi VII DPRI dan EBTKE kementerian ESDM RI yang telah memasang 25 lampu di dayahnya.

"Manfaatnya sangat luar biasa, kami sangat bersyukur dengan pemasangan lampu ini, dan semoga ini menjadi amal jariyah untuk kita semua," pungkasnya.

Peresmian tersebut juga turut dihadiri Anggota DPD Terpilih Tgk Ahmada MZ, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh Dedi M Roza, Camat Kuta Baro Rusdi dan seluruh tamu undangan lain.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini