Wakili Pj Bupati, Sekda Sulaimi Hadiri Apel Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mapolres Aceh Besar

Editor: Syarkawi author photo

 Sekda Aceh Besar Drs Sulaimi MSi saat menghadiri pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024, yang digelar Polres Aceh Besar, di Lapangan Apel Polres Aceh Besar pada Senin (15/07/2024).

KOTA JANTHO - Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, menghadiri pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024, yang digelar Polres Aceh Besar, dalam upaya meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah Aceh Besar, di Lapangan Apel Mapolres Aceh Besar, Senin (15/07/2024).

Apel yang dipimpin Wakapolres Aceh Besar Kompol Rustam Nawawi S.I.K dihadiri oleh para pejabat utama (PJU) Polres Aceh Besar, Forkopimda, serta sejumlah undangan dari instansi terkait seperti TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Perhubungan. Dalam apel ini, Wakapolres Aceh Besar Kompol Rustam Nawawi S.I.K., membacakan amanat dari Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko, S.I.K., M.H., yang menekankan pentingnya pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2024.

Operasi Patuh Seulawah tahun ini mengangkat tema "Tertib Lalu Lintas Demi Indonesia Emas" dan merupakan bagian dari kalender Kamtibmas. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 15 Juli hingga 28 Juli 2024. "Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi sehingga diharapkan kegiatan operasi berjalan dengan optimal," kata Kompol Rustam Nawawi.

Berdasarkan analisa dan evaluasi Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polda Aceh, pada tahun 2022 tercatat sebanyak 81.399 pelanggaran lalu lintas, yang meningkat menjadi 163.419 pelanggaran pada tahun 2023. Sementara itu, kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) pada tahun 2022 sebanyak 3.494 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 643 orang, sedangkan pada tahun 2023 terdapat 3.542 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 649 orang.

Di akhir amanatnya, Wakapolres mengingatkan seluruh peserta apel untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan deteksi dini, pengamanan, dan pemetaan terhadap lokasi rawan pelanggaran serta kecelakaan, serta melaksanakan penegakan hukum secara tegas namun tetap humanis. "Pentingnya bekerja sama dengan stakeholder terkait dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah Aceh," tambah Kompol Rustam Nawawi.

Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif Polres Aceh Besar dalam menggelar Operasi Patuh Seulawah 2024. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan aparat penegak hukum dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan tertib. "Operasi ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas," ujarnya.

Dengan Operasi Patuh Seulawah 2024, diharapkan kondisi lalu lintas di Provinsi Aceh akan menjadi lebih aman, tertib, dan lancar bagi seluruh masyarakat.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini