Jadi Keynote speaker, Dr. Muslem Sampaikan 4 Hal Dalam Rakor Ekploitasi Terhadap Anak

Editor: Syarkawi author photo

 Kadinsos Aceh, Dr. Muslem Yacob, S.Ag, M.Pd.

Banda Aceh - Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem Yacob mengungkapkan ada 4 hal utama yang bisa dilakukan dalam menekan maraknya kasus ekploitasi anak di Aceh.

Pertama sekali yang harus diperhatikan katanya adalah masalah kebutuhan dasar, yakni kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan papan.

“Ketika tiga hal tersebut tidak terpenuhi maka masyarakat tidak bisa berfungsi secara sosial pada akhirnya akan memunculkan berbagai permasalahan sosial baru” terangnya saat menjadi Keynote Speaker dalam Rakor Gugus Tugas Kota Layak Anak dan Kerjasama Lintas Sektor AMPK, Selasa, 6/8/24.

Selanjutnya yang kedua, penanganan yang dilakukan mesti komprehensif pada semua lini yang berhubungan, ketiga, memberikan edukasi dan sanksi bagi para pelaku eksploitasi, tidak lupa juga edukasi kepada masyarakat sebagai pencegahan dan pengontrol sosial, terangya.

“Yang keempat adalah memastikan implementasi dari regulasi yang telah di buat, Persoalan kekerasan dan eksploitasi ini rumit, namun seberat apapun masalah di aceh, kalau kita sama-sama saya yakin bisa” kata Muslem.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) itu turut menghadirkan Kepala Unit PPA Polresta Banda Aceh, Lilisma Suryani.

Serta hadir pula unsur Kejaksaan dan Pengadilan Tinggi, Dinsos Kota, Polsek, Satpol PP, Camat, dan sejumlah OPD di Banda Aceh, serta P2TP2A Aceh Besar. Rakor berlangsung di Hotel Seventeen, Banda Aceh. []

Share:
Komentar

Berita Terkini