Mellani Subarni Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum Forikan Aceh

Editor: Syarkawi author photo

 Ketum Forikan Aceh, Mellani Bustami didampingi Sekda Aceh, Azwardi dan Dirjen PDSPK Kementerian Kelautan dan Perikanan usai pengukuhan, Rabu,7/8/24 di restoran Meuligoe Gubernur.

BANDA ACEH-- Pj Sekda Aceh Azwardi, mengukuhkan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Mellani Subarni sebagai Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Aceh, di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu, (7/8/2024).

Pada kesempatan yang sama, usai dikukuhkan sebagai Ketua Forikan Aceh, Mellani Subarni juga mengukuhan secara serentak 23 Ketua Forikan Kabupaten/Kota seluruh Aceh.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI Budi Sulistiyo, yang hadir dalam acara itu mengapresiasi pengukuhan serentak seluruh Ketua Forikan provinsi dan kabupaten/kota di Aceh. Ia mengatakan, pengukuhan Forikan tersebut merupakan kali pertama ada di Indonesia yang dilakukan serentak.

Budi mengajak seluruh Ketua Forikan di Aceh untuk mengkampanyekan konsumi ikan di kalangan masyarakat. Ia mengatakan, presentase asupan ikan masyarakat Indonesia masih rendah dan perlu terus ditingkatkan.

Budi menyebutkan,  selama tahun 2023, angka asupan protein di Bumi Serambi Mekah baru mencapai 61,06 gram per kapita per hari, jumlah tersebut sekitar 24,4% berasal dari ikan.

Dalam kesempatan itu, Budi mengajak semua pihak untuk mendukung peningkatan konsumsi protein di Aceh hingga 100 gram per hari melalui optimalisasi konsumsi ikan.

"Gerakan konsumsi ikan tidak sebatas meningkatkan asupan protein masyarakat, namun membawa dampak langsung pada pertumbuhan ekonomi, tercatat di provinsi Aceh sekitar 1,4 juta rumah tangga,  apabila setiap keluarga mengkonsumsi ikan dengan belanja Rp150 ribu per bulan, bisa digambarkan potensi perputaran uang di Aceh mencapai Rp2,5 Triliun  pertahunnya," kata Budi.

Budi berharap para pengurus Forikan yang dilantik bisa mengisi peran sebagai penjaga protein keluarga melalui menu-menu ikan sehat dan begizi. Termasuk mendorong ibu-ibu untuk memanfaatkan inovasi dalam bentuk hidrolisat protein ikan (HPI) agar anak-anak tetap bisa menikmati jajanan bergizi. []

Share:
Komentar

Berita Terkini